Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia, Kilats Group Kenalkan Brand Motor Listrik Gova

Perusahaan telah memiliki brand sepeda motor listrik Niu dan sudah menjual sepeda motor listrik di Indonesia sejak awal tahun 2020 bersama Kilats.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia, Kilats Group Kenalkan Brand Motor Listrik Gova
HO
Brand launching sepeda motor listrik Gova di Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kilats Energy Indonesia (Kilats), anak perusahaan Kilats PTE LTD Singapura di Indonesia mengenalkan brand sepeda motor listrik baru melalui brand launching Gova, Rabu (12/4/2023) di Jakarta Selatan.

Dengan brand launching Gova ini akan menjadikan Indonesia sebagai negara penyebaran pertama di dunia yang akan menikmati motor listrik yang dibangun dan dirancang bersama dengan Kilats.

Sebelumnya, perusahaan telah memiliki brand sepeda motor listrik Niu dan sudah menjual sepeda motor listrik di Indonesia sejak awal tahun 2020 bersama Kilats.

Baca juga: Pemerintah Diminta Rumuskan Kebijakan Subsidi Kendaraan Listrik Secara Cermat, Jangan Salah Sasaran

Representatif Kilats Energy Indonesia Devita Purnamasari, mengatakan bersamaan dengan brand launching, Gova menampilkan prototipe motor listrik Gova F600.

"Ini prototipe yang sudah jadi tetapi memang belum dijual. Kami masih mengembangkan lebih lanjut, agar bagaimana caranya banyak menggunakan komponen lokal. Seperti kita ketahui bahwa masalah utama pengembangan motor listrik itu ada di spare part. Oleh karenanya kami ingin nantinya saat dijual konsumen bisa lebih mudah mendapat spare part," tutur Devita saat brand launching Gova.

Gova F600 dilengkapi dengan motor 3000W yang menghasilkan torsi 24 Nm dan kecepatan maksimum yang dikendalikan pada 70 Km/Jam.

BERITA REKOMENDASI

"Kami bermitra dengan salah satu perusahaan baterai terbesar untuk 2W, Phylion. Bersama dengan Niu," ungkap CEO Kilats Vincent Yap.

Perusahaan telah merancang baterai 72V20ah untuk memberikan pengalaman penukaran baterai (Battery Swap) bagi konsumen. Dengan 2 baterai, Gova F600 dapat menempuh jarak antara 80 - 120 km.

Profilnya yang lebih panjang, ground clearance yang tinggi dan suspensi ganda memberikan kenyamanan, keamanan dan keserbagunaan yang sesuai.

Gova F600 juga dirakit dengan menggunakan suku cadang yang tersedia di pasar Indonesia yang memang dirancang untuk perilaku berkendara sepeda motor, serta kondisi jalan di Indonesia.

Rencananya Gova F600 akan dirakit secara lokal. Kilats Energy Indonesia bersama mitra telah membangun fasilitas perakitan untuk Gova F600 di Indonesia.

Pengemasan baterai dan sumber suku cadang lokal termasuk kartu pengguna adalah beberapa hal yang direncanakan perusahaan.

"Kilats akan berupaya melokalkan komponen utamanya pada tahun 2024 untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan komponen-komponen sepeda motor, terutama komponen fast moving yang selama ini dikeluhkan susah didapatkan oleh pengguna sepeda motor listrik," jelas Vincent.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas