Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbud: Jangan Sampai Memilih Prodi Hanya Ingin Masuk Kampusnya Saja

imbauan ini juga disampaikan untuk seluruh orang tua calon mahasiswa untuk tak sembarang membujuk anaknya untuk memilih prodi saat berkuliah.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kemendikbud: Jangan Sampai Memilih Prodi Hanya Ingin Masuk Kampusnya Saja
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto berpose usai wawancara khusus di Kantor Tribun Network, Jakarta, Selasa (8/9/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Dikdi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Wikan Sakarinto meminta para calon mahasiswa untuk tak asal memilih program studi saat kuliah.

Menurut Wikan, imbauan ini juga disampaikan untuk seluruh orang tua calon mahasiswa untuk tak sembarang membujuk anaknya untuk memilih prodi saat berkuliah.

"Yang ketiga tentunya mindset calon mahasiswa dan orang tua orang tuanya. Jangan sampai memilih prodi tempat kuliah itu ya mungkin itu prodi favorit kemudian memilih kesana," kata Wikan dalam diskusi daring, Kamis (27/5/2021).

Wikan menuturkan pemilihan prodi yang tepat nantinya akan berpengaruh kepada peningkatan sumber daya manusia (SDM) di industri dunia kerja. Prodi harus selaras dengan passion yang diinginkan calon mahasiswa.

"Jadi memilih tempat prodi jangan sampai mungkin cuman pengen masuk kampusnya aja tapi prodinya tak cocok passionnya yang penting masuk kampus itu. Jadi tujuannya itu adalah jadi mahasiswa kampus itu bukan bukan passion kompetensinya apa untuk masa depan yang cocok," jelasnya.

Baca juga: Kemendikbudristek Ajak Mahasiswa Daftar di Prodi Berkualitas dengan KIP Kuliah Merdeka

Lebih lanjut, Wikan menambahkan mahasiswa yang lulus perguruan tinggi dengan prodi yang tak sesuai passion mereka akan berdampak bagi industri dunia kerja maupun diri sendiri.

"Nah itu harus diubah mindset anak-anak muda dan orang tua itu. Pilihlah tempat kuliah karena passion, visi serta paham mau jadi apa dan menikmati tidak pada profesi itu. Paham nggak pekerjaan itu," tukasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas