Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

43 Penumpang Kapal Diamankan Polisi karena Diduga TKI Ilegal

Sebanyak 43 penumpang kapal asal Bulukumba, Balibo, Sulawesi Selatan, dibawa ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak karena diduga TKI ilegal.

zoom-in 43 Penumpang Kapal Diamankan Polisi karena Diduga TKI Ilegal
Surya/habibur rohman
Sebanyak 43 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang diamankan Petugas Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak akhirnya bisa melanjutkan perjalanan setelah pihak pemberangkatan membagikan Kartu Tenaga Kerja ke Luar Negeri (KTLN) di Polres KP3 Surabaya, Rabu (30/4/2014). 

Laporan Wartawan Surya Haorrahman

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sebanyak 43 penumpang kapal asal Bulukumba, Balibo, Sulawesi Selatan, dibawa ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak karena diduga tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal.

Dari 43 TKI tersebut yang ditangkap Rabu (30/4/2014), 13 di antaranya wanita dan 30 pria. Mereka akan diberangkatkan ke Serawak Malaysia untuk dipekerjakan di perkebunan sawit.

Menurut Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ajun Komisaris Supiyan, penumpang-penumpang tersebut dibawa ke Polres, karena tidak membawa sejumlah dokumen resmi.

"Saat petugas menanyakan, mereka tidak bisa menunjukkan dokumen. Sehingga kami bawa ke Polres Tanjung Perak," kata Supiyan.

Supiyan mengatakan, TKI ini akan transit ke Pontianak terlebih dahulu sebelum ke Malaysia. Mereka rencananya berangkat ke Serawak, Malaysia menggunakan jalur darat.

Namun, menurut Zainal (33), seorang di antara TKI, mereka rencananya ke Malaysia untuk bekerja di kebun sawit dengan gaji berkisar Rp 3 juta. "Kami mendapat gaji 800 - 900 ringgit perbulannya," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Para TKI ini ditanggung PT Anugrah Usaha Jaya. Rencananya  ketika tiba di Pontianak, mereka akan mendapat dokumen-dokumen untuk bekerja di Malaysia.

"Untuk dokumen sebenarnya sudah lengkap, hanya saja saat ini  dibawa oleh pengurus PT Anugrah Usaha Jaya," tambah Zainal.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas