Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Langowan Minahasa, Ketika Kucing dan Biawak Masuk Wajan Penggorengan

"Daging kucing per ekor Rp 40 ribu sementara biawak Rp 130 ribu tapi tergantung juga besar dan kecilnya," imbuh Dian.

Penulis: Robertus Rimawan
zoom-in Langowan Minahasa, Ketika Kucing dan Biawak Masuk Wajan Penggorengan
FACEBOOK/DIAN PRATIWI
Foto biawak dan kucing di Pasar Langowan Minahasa, foto ini diunggah oleh akun Facebook milik Dian Pratiwi. Ia mengaku syok daging kucing dan biawak masuk wajan penggorengan, Sabtu (26/9/2015). 

TRIBUNNEWS.COM - "Really its break my heart!!!" Tulis Dian Pratiwi di Facebook sambil mengunggah foto Biawak dan beberapa ekor kucing mati, pada Tribunnews.com ia menjelaskan, Sabtu (26/9/2015).

"Saya fotonya tadi pagi di Pasar Langowan," jawab Dian Pratiwi saat diwawancarai Tribunnews via Facebook Messenger.

Ibu rumah tangga asal Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara itu mengaku syok dengan apa yang ia lihat di Pasar Langowan Minahasa.

Ia bersama suami dan anak-anaknya lama tinggal di Hamilton, Bermuda. Yakni sebuah wilayah di seberang laut Britania Raya di Samudra Atlantik bagian Utara. Letaknya sekitar 933 km dari pesisir Carolina Utara, Amerika Serikat.

Ia bersama anaknya kini pulang kampung dan menetap di Remboken. Saat belanja di Pasar Langowan ia melihat pemandangan yang menurutnya memprihatinkan, ia kemudian memfoto dan mengunggah di Facebook.

Kontan foto tersebut menjadi viral dan mengundang perhatian banyak netizen.

Dalam foto tersebut terlihat dua biawak dengan luka berdarah di kepala sementara berjejer sekitar 7 ekor kucing mati yang sudah hangus atau dihilangkan bulu-bulunya.

BERITA TERKAIT

Biasanya dua jenis hewan ini akan dimasak rica-rica (masakan dengan banyak cabai).

"Di sini apa-apa jadi lauk makan. Saya saja daging anjing tidak suka makan (di Minahasa masakan daging anjing sudah wajar saking seringnya dimasak dan jadi lauk-red) apalagi ini kucing dan biawak," jelasnya.

Dian mengaku prihatin dengan kondisi ini Biawak yang mulai langka hewan yang seharusnya dilindungi sementara kucing atau anjing adalah hewan peliharaan yang membantu manusia tak selayaknya untuk dijadikan lauk makan.

"Daging kucing per ekor Rp 40 ribu sementara biawak Rp 130 ribu tapi tergantung juga besar dan kecilnya," imbuh Dian.

Biasanya maraknya daging makanan ekstrem seperti ular, biawak, kucing bahkan monyet yang dilindungi muncul saat akan digelarnya acara Thanksgiving atau pengucapan syukur, tradisi ini sudah berjalan secara turun temurun di wilayah Sulawesi Utara, terlebih di Minahasa.

Namun anehnya kali ini muncul juga daging-daging seperti ini.

"Saat-saat ini banyak kucing rumahan yang hilang, tampaknya sudah mulai marak, tak hanya anjing yang dipotas (diracun) namun kucing juga," jelas Dian. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas