Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiga Pesawat dari Jakarta Tujuan Medan Terpaksa Mendarat di Batam

Tiga penerbangan tujuan Bandara Kuala Namu Medan, Sabtu (24/10/2015) pagi dialihkan ke Bandara Hang Nadim Batam.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tiga Pesawat dari Jakarta Tujuan Medan Terpaksa Mendarat di Batam
Tribun Sumsel/Hartati
Sejumlah penerbangan tertunda karena kabut asap menyelimuti kawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan yang membuat jarak pandang menjadi terbatas, Sabtu (10/10/2015). Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel, tercatat hari Sabtu itu ada 117 titik panas di Sumsel, titik panas terbanyak terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yakni sebanyak 68 titik panas. 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Dedy Suwandha

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Tiga penerbangan tujuan Bandara Kuala Namu Medan, Sabtu (24/10/2015) pagi dialihkan ke Bandara Hang Nadim Batam setelah kondisi bandara tujuan diselimuti asap pekat.

"Dua penerbangan Citilink dan satu penerbangan Sriwijaya Air terpaksa dialihkan ke Batam karena cuaca buruk," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Sabtu (24/10/2015).

Ia mengatakan penerbangan yang dialihkan adalah Citilink QG-830 mendarat pukul 08.50 WIB dan Citilink QG-850 mendarat pukul 10.05 WIB. Selanjutnya satu penerbangan Sriwijaya Air SJ-010 mendarat 09.35 WIB.

"Semua dari Jakarta. Saat ini pesawat masih di Hang Nadim menunggu cuaca membaik untuk bisa diterbangkan ke Medan," kata dia.

Selama menunggu cuaca di Medan membaik, kata Suwarso, saat ini semua penumpang diperbolehkan turun dari pesawat dan berada pada ruang tunggu pintu 4, 5, dan 6.

"Cuaca bandara tujuan belum memungkinkan untuk pendaratan. Semua masih berada di Bandara Hang Nadim Batam (11.30 WIB)," kata Suwarso.

BERITA TERKAIT

Dijelaskan Suwarso, kondisi udara Batam tidak jauh beda dengan di Kota Medan. Kabut asap pekat kiriman dari kebakaran di Sumatera Selatan juga memperpendek jarak pandang.

"Di Hang Nadim jarak pandang rata-rata hanya 2.000 meter. Terkadang dibawah 2.000 meter. Namun secara umum masih bisa untuk penerbangan," kata dia.

Sehari sebelumnya, pihak Bandara juga telah membatalkan 13 penerbangan akibat kabut asap. Penerbangan itu di antaranya penerbangan dari Pekanbaru tujuan Medan dan dari Jakarta tujuan Tanjungpinang juga dialihkan ke Hang Nadim Batam.

Bandara Hang Nadim Batam selama ini sering menjadi alternatif pendaratan pesawat jika pada bandara sekitar termasuk Singapura mengalami cuaca buruk.

Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas