Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gunungan Bakpao dan Arem-arem Ludes Dalam Hitungan Detik

Gunungan yang sebelumnya diarak keliling kampung tersebut sudah ditunggu sejak lama oleh anak-anak maupun orang dewasa sejak siangnya.

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Gunungan Bakpao dan Arem-arem Ludes Dalam Hitungan Detik
TRIBUN JOGJA/KHAERUR REZA
Puluhan bakpao dan arem-arem yang diarak dalam upacara Merti Golong Gilig di kampung Dipowinatan Mergangsan Yogyakarta Kamis (18/8/2016) sore ludes hanya dalam hitungan detik. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, JOGJA - Puluhan bakpao dan arem-arem yang diarak dalam upacara Merti Golong Gilig di kampung Dipowinatan Mergangsan Yogyakarta Kamis (18/8/2016) sore ludes hanya dalam hitungan detik.

Gunungan yang sebelumnya diarak keliling kampung tersebut sudah ditunggu sejak lama oleh anak-anak maupun orang dewasa sejak siangnya.

Begitu datang gunungan yang dibawa empat orang berpakaian bregodo warna merah tersebut langsung diserbu masyarakat.

Mereka yang berhasil mendapatkan bagian gunungan tersebut pun langsung menikmatinya di tempat dengan diiringi tawa canda bersama teman-temannya.

Ketua Panitia, Sigit Istiarto menjelaskan acara ini memang ditujukan untuk melestarikan tradisi dan menjaga kerukunan masyarakat sehingga makanan sebenarnya hendak dibagikan dan dimakan bersama namun antusiasme mayarakat yang besar membuat bakpao dan arem-arem tersebut ludes menjadi rebutan.

"Kami yakin dengan acara ini spiritnya akan terbangun di masyarakat," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Pemilihan bakpao dan arem-arem karena kedua makanan tersebut adalah makanan khas di kampung wisata tersebut dan banyak dibuat untuk disajikan.

"Perayaan yang dikaitkan dengan momen kemerdekaan ini nantinya juga akan ada pesta rakyata agar selalu tercipta guyup rukun di kampung ini," tambahnya.

Acara merti Golong Gilig tahun ini adalah edisi kelima yang diadakan warga kampung Dipowinatan. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas