Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ikatan Sejarah Kerajaan Singaraja dan Singosari Bakal Dikupas di Singhasari Literasi Festival

Kerajaan Singaraja, Buleleng, Bali, dengan Kerajaan Singosari di Kabupaten Malang, Jawa Timur, memiliki ikatan sejarah yang cukup panjang.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Ikatan Sejarah Kerajaan Singaraja dan Singosari Bakal Dikupas di Singhasari Literasi Festival
SURYA/SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
TOPENG PANJI SINGHASARI - Pementasan Topeng Panji Singhasari yang digelar Padepokan Asmoro Bangun dan Dharmaputera Raharja di pelataran Candi Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Senin (28/9/2015) malam. Pagelaran tari di bawah bulan purnama ini bercerita mengenai awal mula berdirinya Kerajaan Singosari. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

Laporan Wartawan Surya, Sany Eka Putri

SURYA.CO.ID, KLOJEN - Kerajaan Singaraja, Buleleng, Bali, dengan Kerajaan Singosari di Kabupaten Malang, Jawa Timur, memiliki ikatan sejarah yang cukup panjang.

Demikian disampaikan Ngurah Paramartha, praktisi pariwisata asal Buleleng dalam jumpa pers pembukaan kegiatan Singhasari Literasi Festival di Hotel Solaris, Selasa (27/9/2016).

Ia mengatakan Kerajaan Singosari menjalin hubungan dengan kerajaan lain di Indonesia, termasuk dengan kerajaan di Bali.

“Keduanya ini terjalin hubungan dua nagara singha. Selama ini kita hanya melihat dari segi politik saja, dengan tidak sengaja meninggalkan unsur budaya dari apa yang ditinggalkan dari kedua kerajaan itu. Semisal candi, pura, arca, dan masih banyak lagi,” tutur Paramartha.

Kedua negara yang sama-sama memiliki simbol singa ini akan dikupas tuntas dalam kegiatan yang pertama kali diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang selama tiga hari lewat Singhasari Literasi Festival.

“Di Bali kebanyakan peninggalan sejarah ialah berupa pura. Karena dari pura itu terdapat jejak sejarah kerajaan,” imbuh dia.

BERITA TERKAIT

Kepala Disbudpar Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara, mengatakan pihaknya melihat adanya keterkaitan antara Singosari dengan Singaraja akan memperkuat keberadaan nilai budaya sejarah keduanya.

Selain seminar dan bedah sejarah tentang kedua kerajaan yang saling berhubungan ini, peserta akan diajak mengunjungi situs peninggalan sejarah, yakni Candi Jago dan Candi Kidal.

“Harapannya kegiatan ini tidak hanya pertama dan terakhir, tetapi juga membuka lembaran untuk memperkenalkan tentang sejarah Singhasari yang belum terungkap,” kata Wedhantara.

Di samping pembahasan yang mengupas tuntas sejarah kedua kerajaan itu, Kabupaten Malang juga memberikan simbolik berupa patung Singa. Patung Singha ini memiliki nama yang terkenal di Jawa, yakni Bintang Timur.

Patung Singha yang diberi nama Singha Mitreka Buddhaya ini, dikatakan Arkeolog dari Universitas Negeri Malang Dwi Cahyono, menjadi ikon karena dari kedua kerajaan ini memiliki jejak singa yang hadir dalam bentuk seni arca dan relief.

“Kita perlu menduniakan sejarah Singhasari. Tidak hanya di Jatim saja, tetapi harus memiliki gaung yang luas. Karena terbukti dari berbagai penelusuran sejarah, bahwa kerajaan Singhasari ini sampai ke China, India,” kata Dwi.

Singhasari Literasi Festival dilaksanakan mulai Kamis (29/9/2016) di Pendopo Kabupaten Malang hingga Sabtu (1/10/2016). Sementara kunjungan ke Candi Jago dan Candi Kidal pada Sabtu (1/10/2016).

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas