Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

4 Kali Batal Diberangkatkan Umrah, Pimpinan DPRD Sibolga: Malu Saya Dikerjai

Di depan pintu utama biro travel umrah PT Jannatul Firdaus, suara Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Jeb Tumuri meninggi, ditimpali beberapa orang.

Penulis: Jefri Susetio
Editor: Y Gustaman
zoom-in 4 Kali Batal Diberangkatkan Umrah, Pimpinan DPRD Sibolga: Malu Saya Dikerjai
Tribun Medan/Daniel
Salah satu calon jemaah umrah menanagis karena berulangkali batal diberangkatkan biro perjalanan PT Jannatul Firdaus yang berkantor di Jalan Datuk Kubu, Medan Denai, Kota Medan, Jumat (13/5/2017). TRIBUN MEDAN/DANIEL 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Jefri Susetio

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Jeb Tumuri begitu emosional di pelataran kantor PT Jannatul Firdaus di Medan Denai, Jumat (13/5/2017).

Ia bersama sejumlah orang menggedor dan memanggil pemilik travel umrah ini. Mereka mangkel jadwal mereka berangkat umrah tidak jelas karena sudah tiga kali ditunda.

Mestinya mereka berangkat pada 3 Mei 2017, tapi ditunda menjadi 7 Mei. Namun, pihak travel kembali menunda dan menjanjikan mereka berangkat umrah pada 10 Mei.

Teranyar, pihak travel menjanjikan Jeb dan calon jemaah umrah berangkat pada Jumat, 12 Mei. Lagi-lagi mereka gagal berangkat ke Tanah Suci karena nama mereka tidak ada di manifes AirAsia.

"Eki, ke mana kamu? Jangan bohongi kami seperti begini! Sudah cemas kami ini, karena tidak kunjung berangkat. Kami jauh-jauh dari Sibolga hanya kalian janjikan saja," teriak Jamil di depan pintu PT Jannatul Firdaus.

Sekitar 15 menit berteriak-teriak Jamil bersama calon jemaah umrah lainnya menuju pintu samping. Kembali mereka menggedor dan berteriak memanggil pemilik travel.

BERITA TERKAIT

Jeb merasa tertipu dan dibohongi pihak travel. Ia berniat ke Tanah Suci untuk mendoakan keluarganya agar dijauhkan dari penyakit.

"Saya punya niat mendoakan dua keluarga yang sakit menahun, tidak sembuh-sembuh agar Allah mengangkat penyakitnya. Tapi, saya yakin Allah punya rencana lain di balik tertundanya kami berangkat umrah ini," ucap dia.

Ia menceritakan ada 20 calon jemaah umrah asal Sibolga yang batal berangkat umrah. Total yang seharusnya berangkat dari berbagai daerah di Sumut sebanyak 50 orang.

Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Jeb Tumuri
Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Jeb Tumuri menunjukkan perjanjian dengan PT Jannatul Firdaus, biro umrah. Ia begitu kecewa sudah empat kali perjalanan umrah yang dijanjikan pihak travel tak pernah terealisasi. TRIBUN MEDAN/DANIEL

Sejak beberapa tahun lalu Jeb sudah meniatkan dirinya untuk umrah. Ia membawa keluarga besarnya, yakni istri, anak, mertua dan ibunya untuk umrah tahun ini. Sebelum berangkat dari Sibolga ke Medan, mereka syukuran dan kenduri mengundang kerabat dan warga.

Ratusan orang terdiri dari kerabat, rekan sesama anggota dewan serta kader Partai Golkar turut mengantar Jeb dan keluarga ke Bandara FL Tobing Sibolga. Ia kesal tak ada kejelasan jadwal berangkat dari PT Jannatul Firdaus.

"Malu saya dikerjai seperti ini. Apa salahku sehingga mereka tega menipu serta menjadikan kami sebagai orang yang teraniaya. Padahal, umrah ini dari uang gaji yang disimpan istriku," gerutu Jeb.

Saat mendaftar berangkat umrah ia membayar Rp 22, 5 juta. Pihak PT Jannatul Firdaus menjanjikan rombongan dari Sibolga berangkat pada 3 Mei 2017.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas