Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tahun Ini Pemerintah Targetkan Selesai Bangun 15 Ribu Unit Rumah Susun untuk Masyarakat Kecil

Sebanyak 310 buah tower rumah susun atau sebanyak 15 ribu unit untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ditargetkan selesai dibangun tahun ini

Editor: Sugiyarto
zoom-in Tahun Ini Pemerintah Targetkan Selesai Bangun 15 Ribu Unit Rumah Susun untuk Masyarakat Kecil
capture video
ilustrasi rusunawa 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Sebanyak 310 buah tower rumah susun atau sebanyak 15 ribu unit untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ditargetkan dapat selesai dibangun pada tahun 2018 ini di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kemen PUPR, Khalawi AH mengatakan, pembangunan rumah susun MBR tersebut menjadi satu dari beberapa upaya dalam percepatan program pembangunan sejuta rumah.




"Saat ini pemerintah pusat tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk diantaranya di bidang perumahan."

"Yakni diwujudkan dengan pembangunan rumah susun (rusun) untuk MBR," ujar Khalawi, Rabu (16/5/2018), saat meninjau rumah susun sewa di RT 01, Kampung Polosari, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

Khalawi mengatakan, demi menaikkan daya saing Indonesia sehingga dapat bersaing dengan negara lain, sejumlah upaya yang dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur.

"Mustahil negara kita bisa maju bersaing kalau infrastruktur masih tertinggal. Oleh karena itu, ini salah satu langkah yang dilakukan," ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Selain pembangunan rusun MBR, pemerintah juga memprogramkan rusun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), asrama santri pondok pesantren, asrama perguruan tinggi, serta rumah khusus untuk nelayan di daerah perbatasan, paramedis, dokter, maupun suster yang bertugas jauh dari tempat tinggal.

"Ada juga pemberian bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah. Jawa Tengah menerima bantuan paling banyak, 99 ribu unit dari total 180 ribu di tahun 2018," terangnya.

Dia menyebutkan, tiga daerah yang menerima bantuan BSPS di Jawa Tengah antara lain 1.509 unit di Kabupaten Temanggung, 240 unit di Kota Magelang, dan 1.790 unit di Kabupaten Magelang. Nominal bantuan yang diterima adalah Rp15 juta per unit rumah.

"Program BSPS ini diharapkan pelaksanaannya melalui padat karya. Jadi Rp15 juta yang diterima itu, Rp12,5 jutanya berupa bahan kemudian Rp2,5 juta untuk padat karya," katanya.

Sementara itu, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengatakan, pembangunan rusun MBR merupakan salah satu upaya untuk menyediakan hunian nyaman untuk masyarakat.

"Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) juga disebutkan, kita terus membangun rusunawa supaya tidak terjadi kekumuhan di Kota Magelang," katanya.(*)

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas