Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tsunami di Banten dan Lampung

Warga Pulau Sebesi dan Sebuku di Pengungsian Mulai Terserang ISPA dan Gatal-gatal

Warga Pulau Sebesi dan Sebuku yang kini mengungsi di lapangan tenis Indoor Kalianda mulai mengalami gangguan gatal-gatal.

Warga Pulau Sebesi dan Sebuku di Pengungsian Mulai Terserang ISPA dan Gatal-gatal
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Warga Pulau Sebesi dan Sebuku yang mengungsi di Lapangan Tenis Indoor Kalianda. TRIBUN LAMPUNG/DEDI SUTOMO 

Laporan Wartawan Tribun Lampung, Dedi Sutomo

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG SELATAN – Warga Pulau Sebesi dan Sebuku yang kini mengungsi di lapangan tenis Indoor Kalianda mulai mengalami gangguan gatal-gatal. Selain gatal-gatal, warga juga mulai diserang oleh gangguan ISPA dan gejala batu pilek.

"Kalau gangguan kesehatan terbanyak saat ini ISPA dan gatal-gatal," kata seorang petugas posko kesehatan kepada Tribun Lampung, Kamis (3/1/2019).

Nengsih, salah seorang warga yang mengungsi mengatakan anakya sempat terserang demam dan pilek satu hari pasca mengungsi.

Tetapi saat ini sudah berangsur baik setelah mendapatkan perawatan dan pengobatan dari tenaga medis di posko pengungsi.

"Kemarin anak saya kena demam flu. Tapi ini sudah mendingan," terang ibu 2 anak itu.

Sementara Ida mengatakan, sang suami sempat mengalami gangguan gatal-gatal. Namun telah mendapatkan obat dari posko kesehatan.

Presiden Joko Widodo berdialog dengan warga ketika mengunjungi lokasi terdampak tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir, Rajabasa Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1/2019). Pada kunjungan di Lampung, Presiden meninjau lokasi terdampak tsunami Selat Sunda, menjenguk korban luka-luka di rumah sakit serta mengujungi lokasi pengungsian. TRIBUNNEWS/HO/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo berdialog dengan warga ketika mengunjungi lokasi terdampak tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir, Rajabasa Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1/2019). Pada kunjungan di Lampung, Presiden meninjau lokasi terdampak tsunami Selat Sunda, menjenguk korban luka-luka di rumah sakit serta mengujungi lokasi pengungsian. TRIBUNNEWS/HO/AGUS SUPARTO (TRIBUN/HO/AGUS SUPARTO)

Warga sendiri sudah ingin pulang ke tempat asal mereka di Pulau Sebesi.

Namun mereka masih menunggu instruksi dari pemerintah terkait dengan kondisi keamanan akan kembali terjadinya tsunami susulan.

"Sebenarnya kita sudah ingin kembali ke pulau. Tapi kita menunggu dari pemerintah. Kalau memang sudah aman, kita siap untuk pulang kembali ke pulau," ujar Ida.

Baca: Pasangan Pelajar Kubur Bayi Hidup-hidup, Kepergok Warga saat Bermaksud Memindahkan Makam Sang Bayi

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Lampung
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas