Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pemilu 2019

iPol Indonesia: PKB Paling Besar Mendapat Coattail Effect dari Pilpres di Jatim

IT Research and Politic Consultant (iPol) Indonesia menilai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) paling besar mendapatkan efek ekor jas (coattail effect)

iPol Indonesia: PKB Paling Besar Mendapat Coattail Effect dari Pilpres di Jatim
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Penulis Agus Sunyoto (kiri) bersama Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar saat diskusi publik 66 Tahun Resolusi Jihad di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/2011). Diskusi tersebut untuk mengenang kembali makna 66 tahun Resolusi Jihad demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (tribunnews/herudin) 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - IT Research and Politic Consultant (iPol) Indonesia menilai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) paling besar mendapatkan efek ekor jas (coattail effect) dari pemilihan presiden (pilpres) 2019 di Jawa Timur.

Bahkan, prosentasenya melebihi perolehan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sebagai partai pengusung utama di Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin.

"Kami menilai coattail effect bagi PKB cukup besar di Jawa Timur. Selain PKB, ada PDI Perjuangan," kata CEO iPol Indonesia, Petrus Haryanto ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Kamis (18/4/2019.

Baca: Inilah 3 Faktor Penentu Kemenangan Jokowi di Jatim

Menurutnya, kemenangan besar Jokowi-Ma'ruf di Jatim tak bisa lepas dari kalangan Nahdliyin, sebutan kader Nahdlatul Ulama (NU) sebagai ormas agama terbesar di Jatim, bahkan di Indonesia.

"Kalau bicara NU, tentu efek ikutannya adalah PKB," papar Petrus.

Belum lagi Jatim yang juga menjadi salah satu basis suara PKB secara nasional.

Baca: Para Pemimpin Dunia Akui Kemenangan Jokowi, Ketum ABJ: Prabowo Sudahlah!

"Lumbung suara PKB dari pemilu ke pemilu memang dari Jatim. Jadi, kalau PKB semakin besar dengan kemenangan Capres-Cawapres yang diusung menjadi hal yang wajar," jelasnya.

"Sehingga, kalau Jokowi dan Kiai Ma'ruf mendapatkan 65 persen angka di Jatim, tentu hal itu tidak bisa dilepas dari kerja keras dan peran PKB. PKB ikut andil atas kemenangan itu," paparnya.

Untuk diketahui, sejumlah lembaga survei sebelumnya menyebut bahwa pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul telak atas rivalnya, Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Quick count Litbang Kompas misalnya menyebut angka kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim mencapai 64,65 persen. Sementara Prabowo-Sandi hanya mendapat 35,35 persen.

Jokowi-Ma'ruf unggul di sebagian besar wilayah Jatim. Sementara Prabowo-Sandi menang telak di Madura, dan sebagian tapal kuda.

Di Jatim, Litbang Kompas mengambil 324 sampel Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan margin of error di bawah dua persen. 

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul iPol Indonesia: Dibanding PDIP, PKB Paling Besar Mendapat Coattail Effect dari Pilpres di Jatim

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sugiyarto
Sumber: Surya
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pemilu 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas