Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terdengar Suara Tembakan Senjata Aparat di Titik Kumpul Massa Sekitar Jembatan Kapuas 1

Imbauan dari pihak kepolisian menggunakan pengeras suara untuk warga kembali ke rumah pun tak dihiraukan oleh massa

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Terdengar Suara Tembakan Senjata Aparat  di Titik Kumpul Massa Sekitar Jembatan Kapuas 1
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Petugas kepolisian berusaha membubarkan masa di Simpang 4 Tanjungpura sekira pukul 12.30 WIB 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK- Situasi di sekitar jembatan Kapuas 1 Kecamatan Pontianak Timur masih mencekam, jumlah masa yang terkonsentrasi dekat jembatan terlihat semakin banyak, Rabu (22/5/2019) siang tadi.

Masa yang terdiri dari berbagai kalangan usia ini ini sebelumnya sempat memberikan perlawanan sengit kepada polisi dan TNI yang hendak membubarkan paksa masa yang terkonsentrasi di bawah jembatan Kapuas 1 pada sekira pukul 12.00 WIB.

Imbauan dari pihak kepolisian menggunakan pengeras suara untuk warga kembali ke rumah pun tidak dihiraukan oleh massa.

Aparat kepolisian melepaskan berkali - kali tembakan peringatan yang disusul tembakan gas air mata agar konsentrasi masa terpecah dan masa kembali kerumah masing - masing. Namun hal tersebut hanya membuat masa mundur sesaat.

Masa yang terlihat di penuhi amarah berusaha melawan petugas dengan melempari petugas dengan batu, botol kaca, serta masa juga menyerang petugas dengan petasan, dan kembang api.

Baca: Satu Rumah di Pontianak Terbakar Akibat Sambaran Petir

Suasana dilokasi pun begitu menyeramkan dan menengangkan, puluhan suara tembakan peringatan terus terdengar, banyak gas air mata bertaburan di lepaskan oleh pihak kepolisian, namun hal itu tak membuat massa untuk membubarkan diri malah membuat masa tampak semakin marah.

BERITA REKOMENDASI

Semburan mobil water Canon pun tak memadamkan amarah masa.

Tampak ada seseorang pria yang nekat menyerang mobil Watercanon dengan batang kayu dengan disusul oleh beberapa orang lain menyerang mobil Watercanon tersebut.

Setelah hampir satu jam berusaha membubarkan masa dibawah jembatan Kapuas 1 Pontianak Timur, aparat kepolisian pun mundur kembali ke arah Simpang Hotel Garuda, Kecamatan Pontianak Selatan.

Saat ini, masa telah menebang 2 pohon besar dan menjadikan batang pohon tersebut blokade jalan, sehingga akses menuju Pontianak Kota dari Pontianak Timur tertutup total.

Dua batang pohon itu di lintang kan tepat di bawah jembatan Kapuas 1, dengan jarak sekitar 30 meter satu di antara lainnya.

Baca: Demi Mobile Legens, Gadis Asal Pontianak Ini Nekat Bobol Bank Rp 1,85 Miliar

Massa terlihat menduduki batang pohon besar yang aneh ditebang.

Warga terlihat menggunakan sinso untuk memotong batang kayu yang akan dijadikan blokade jalan, pohon yang berhasil di tebang dengan menggunakan sinsopun disambut sorakan oleh ratusan masa yang berkumpul.

Selain itu, tepat didepan pos polisi yang dibakar masa kembali membakar sejumlah barang berupa kayu - kayu, dan beberapa barang.

Akses jalan di beberapa wilayah Pontianak Timur sendiri sampai saat ini masih di tutup oleh masa, dan akses menuju jembatan Kapuas 1 hingga pukul 15.15 WIB sore tadi masih di tutup oleh masa, dan masa mengarahkan warga yang hendak melintas ke jalur alternatif lain.

Sementara itu, terlihat dari arah Pontianak Kota kendaraan roda 2 tampak bisa melintasi jembatan Kapuas dengan menggunakan jalur khusus kendaraan roda 2, dan kendaraan yang melintas langsung diarahkan menggunakan jalur alternatif di seberang parit jalan utama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas