Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TKW Carmi akan Dipulangkan ke Cirebon Setelah Seluruh Gajinya Dibayar Lunas Majikan di Arab Saudi

‎Sebelum semua hak Carmi terpenuhi, pihak KBRI tidak akan memulangkan Carmi ke kampung halamannya.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in TKW Carmi akan Dipulangkan ke Cirebon Setelah Seluruh Gajinya Dibayar Lunas Majikan di Arab Saudi
TribunMataram Kolase/ Instagram/ Kompas.com (MUHAMAD SYAHRI ROMDHON)
Ilyas (85) dan Warniah (75), menangisi Carmi, putri pertamanya yang menjadi TKW dan juga belum kunjung pulang kampung setelah 31 tahun menjadi buruh migran. Keduanya serta sanak keluarga memohon pada pemerintah membantu dan memulangkan Carmi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Staf Atase Ketenagakerjaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh Arab Saudi, Sa'dullah Affandy menyebutkan, Carmi, TKI asal Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon masih menunggu pembayaran gaji untuk kembali ke Indonesia.

Sa'dullah mengatakan, terkait pembayaran gaji beberapa waktu lalu pihak majikan telah mendatangi KBRI Riyadh untuk menandatangani soal pelunasan gaji dan meminta tempo waktu selama dua bulan, terhitung dari September 2019.

"Belum dibayarkan, jangan sampai pulang tetapi masih ada utang," kata Sa'dullah saat dihubungi, Jumat (8/11/2019).

‎Dalam surat perjanjian yang telah dibuat, kata Sa'dullah, bila dalam waktu dua bulan majikan tidak membayar seluruh gaji, maka pihak KBRI akan memproses secara hukum negara Arab Saudi.

Ia menambahkan‎, sebelum semua hak Carmi terpenuhi, pihak KBRI tidak akan memulangkan Carmi ke kampung halamannya.

"Kalau sampai pulang sebelum dibayarkan nantinya pas pulang nagih-nagih, harus tuntas dahulu," katanya.

BERITA TERKAIT

‎Sa'dullah, mengatakan, selain Carmi, ada ‎ratusan TKW asal Indonesia yang saat ini berada di Rumah Harapan Masyarakat (Ruhama) KBRI Riyadh, namun dengan bermacam-macam kasus.

Baca: Korban Perdagangan Orang di Ciracas Ngaku Tergiur Gaji Yang Besar

Baca: Pertama Kali Umrah di Mekkah, Ini Panduan Lengkap untuk Memaksimalkan Ibadah

Baca: Peluang Bisnis Besar, 137 Ekspatriat Profesional dan Warga Saudi Belajar Bahasa Indonesia di Mekkah

"Kalau semua beres, pasti dipulangkan ke Indonesia," katanya.

Carmi berangkat ke Arab Saudi dibantu oleh seorang di Desa Rawaurip, juga melalui jasa pemberangkatan tenaga kerja untuk ke luar negeri, yakni PT Umah Sejati Alwidah Jaya Sentosa.

Sayangnya, perusahaan tersebut sudah sejak lama tutup.

Ilyas (85) dan Warniah (75), menangisi Carmi, putri pertamanya yang menjadi TKW dan juga belum kunjung pulang kampung setelah 31 tahun menjadi buruh migran. Keduanya serta sanak keluarga memohon pada pemerintah membantu dan memulangkan Carmi.(MUHAMAD SYAHRI ROMDHON)
Ilyas (85) dan Warniah (75), menangisi Carmi, putri pertamanya yang menjadi TKW dan juga belum kunjung pulang kampung setelah 31 tahun menjadi buruh migran. Keduanya serta sanak keluarga memohon pada pemerintah membantu dan memulangkan Carmi.(MUHAMAD SYAHRI ROMDHON) ((MUHAMAD SYAHRI ROMDHON))

Lahir pada 4 Mei 1971 di Kabupaten Cirebon, Carmi berangkat setahun setelah menyelesaikan pendidikan sekolah dasar (SD) pada tahun 1987 dan pada 1988.

Carmi meminta izin kepada ayahnya untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga dengan cara menjadi TKW.

Pada 1991 atau tiga tahun setelah pemberangkatannya, keluarga mendapatkan kabar dari Carmi melalui surat, namun di tahun-tahun selanjutnya kabar dari Carmi sama sekali tidak diketahui oleh pihak keluarga.

Ilyas (baju batik) bersama Warniah (di sampingnya), dan Sofiyudin serta Eti sujud syukur di rumahnya, di Desa Rawa Urip, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, Senin (2/9/2019). Mereka mengungkapkan syukur, putri pertamanya telah berhasil ditemukan setelah 31 tahun meninggalkan rumah dan tidak pernah bertemu.(MUHAMAD SYAHRI ROMDHON)
Ilyas (baju batik) bersama Warniah (di sampingnya), dan Sofiyudin serta Eti sujud syukur di rumahnya, di Desa Rawa Urip, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, Senin (2/9/2019). Mereka mengungkapkan syukur, putri pertamanya telah berhasil ditemukan setelah 31 tahun meninggalkan rumah dan tidak pernah bertemu.(MUHAMAD SYAHRI ROMDHON) (.(MUHAMAD SYAHRI ROMDHON))

Pada tahun 1995, keluarga mendatangi kantor PT Umah Sejati Alwidah di Jakarta, untuk mengetahui keberadaan anaknya tersebut, dalam waktu singkat itu Ilyas pun berhasil berkomunikasi dengan Carmi.

‎Pada Kamis, 28 Agustus 2019, keluarga kembali berkomunikasi dengan Carmi melalui panggilan video yang dihubungkan oleh Atase Ketenagakerjaan KBRI di Riyadh.

Keluarga sujud syukur setelah mengetahui Carmi telah ditemukan oleh petugas KBRI di Riyadh Arab Saudi (Kompas.com)
Keluarga sujud syukur setelah mengetahui Carmi telah ditemukan oleh petugas KBRI di Riyadh Arab Saudi (Kompas.com) (kompas.com)

Keberadaan Carmi terlacak berada di Desa Al Amar, Propinsi Gaseem yang berjarak sekitar 400 km dari Riyadh.

Carmi merupakan anak pertama dari 10 bersaudara itu, bekerja rumah pasangan suami istri Suud bin Hudaiban dan Habibah, di Riyadh, Arab Saudi, sebagai ART.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul ‎Carmi TKI Asal Cirebon akan Pulang dari Arab Saudi Jika Gajinya Sudah Dibayar Lunas

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas