Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Balita Tewas dengan Organ Tubuh Tak Lengkap, Makam Ahmad Yusuf Dibongkar untuk Diautopsi

Aparat kepolisian melakukan pembongkaran makam Ahmad Yusuf, Selasa (18/2/2020) di TPU Muslimin Jalan Damanhuri.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Balita Tewas dengan Organ Tubuh Tak Lengkap, Makam Ahmad Yusuf Dibongkar untuk Diautopsi
Tribunkaltim.co/Budi Dwi Prasetiyo
Aparat kepolisian melakukan pembongkaran makam Ahmad Yusuf, Selasa (18/2/2020) di TPU Muslimin Jalan Damanhuri. Balita Ahmad Yusuf sebelumnya dinyatakan hilang di PAUD Samarinda Kalimantan Timur dan belakangan ditemukan meninggal dunia dengan organ tubuh tidak lengkap di sebuah parit. 

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Aparat kepolisian melakukan pembongkaran makam Ahmad Yusuf, Selasa (18/2/2020) di TPU Muslimin Jalan Damanhuri.

Balita Ahmad Yusuf sebelumnya dinyatakan hilang di PAUD Samarinda Kalimantan Timur dan belakangan ditemukan meninggal dunia dengan organ tubuh tidak lengkap di sebuah parit.

Rencananya autopsi akan dilakukan oleh Tim Ahli Forensik Mabes Polri yang dipimpin dr SPF (spesialis forensik) Kombes Pol S Hastry dari Mabes Polri.

Pantauan TribunKaltim.co, Tim Ahli Forensik tiba di TPU Muslimin Samarinda sekitar pukul 08.50 Wita.

Polisi sudah memasang garis polisi untuk mencegah warga atau orang yang tidak berkepentingan masuk.

Pengasuh Ahmad Yusuf Gazali(4) yang ditemukan meninggal mengenaskan ditemukan parit saluran air sungai, berinisial (ML) dan (SY) diamankan polisi di Mapolsek Samarinda Ulu Jalan Juanda Kota Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (21/01/20)/(TRIBUNKALTIM.CO/ NEVRIANTO HP)
Pengasuh Ahmad Yusuf Gazali(4) yang ditemukan meninggal mengenaskan ditemukan parit saluran air sungai, berinisial (ML) dan (SY) diamankan polisi di Mapolsek Samarinda Ulu Jalan Juanda Kota Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (21/01/20)/(TRIBUNKALTIM.CO/ NEVRIANTO HP) (Tribun Kaltim)

Setelah tiba, Tim inafis Polresta Samarinda serta Bidokes Polda Kaltim langsung turun untuk mengawal pembongkaran makam jenazah Yusuf.

Proses pembongkaran makam ini pun dihadiri oleh pihak keluarga serta dari Kejaksaan Tinggi Negeri Kalimantan Timur.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya diberitakan dr SPF (spesialis Forensik) Kombes Pol S Hastry dari Mabes Polri akan melakukan autopsi terhadap jasad balita Ahmad Yusuf Gozali (4).

Baca: Guru PAUD Tersangka Kasus Balita Tanpa Kepala di Samarinda Sebut Yusuf Hilang Ditinggal Buang Air

Baca: Pengungkapan Klinik Aborsi Ilegal di Jakarta Pusat, Janin Disiram dengan Bahan Kimia

Polwan ahli forensik pertama di Asia tersebut diagendakan akan tiba pada Senin (17/2/2020) di Samarinda.

Selasa (18/2/2020), akan dilakukan autopsi terhadap balita empat tahun yang ditemukan dengan kondisi organ dan anggota tubuh tidak utuh.

Hal ini diungkapkan Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman Senin (17/2/2020) dalam konferensi pers bersama awak media.

Mayat balita Ahmad Yusuf Ghozali (4) masih di rumah sakit. Mayatnya ditemukan warga di Samarinda Ulu
Mayat balita Ahmad Yusuf Ghozali (4) masih di rumah sakit. Mayatnya ditemukan warga di Samarinda Ulu (TribunMataram Kolase/ Instagram/ TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO)

Dijelaskannya, hal tersebut dilakukan untuk memastikan penyebab pasti kematian balita tersebut.

Meski, dari pihak Forensik RSUD AW Sjahranie dr Kristina Uli Gultom, telah menyatakan jika saat dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada balita tersebut.

"Autopsi ini dilakukan karena memang dari pihak keluarga dan juga kepolisian dalam mengungkap penyebab kematian balita tersebut," ungkapnya.

Pihaknya juga tak menutup diri, jika memang dari pihak keluarga menemukan bukti atau fakta-fakta baru.

PAUD Jannatul Athfaal lokasi Ahmad Yusuf Ghazali menghilang beralamat di Jalan Abdul Wahab Syahranie, Samarinda, Jumat (22/11/2019).
PAUD Jannatul Athfaal lokasi Ahmad Yusuf Ghazali menghilang beralamat di Jalan Abdul Wahab Syahranie, Samarinda, Jumat (22/11/2019). (KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON)

"Kalau memang ada ya, kami akan tindaklanjuti, kalau memang ada dugaan anak ini diculik dan diambil organ tubuhnya seperti yang dikatakan," terangnya.

Tetapi, untuk fakta di lapangan dari hasil penyelidikan kepolisian saat ini, balita ini hanyut di parit dengan lebar kurang lebih dua meter, hingga ditemukan 16 hari kemudian.

"Fakta saat ini, anak ini hanyut ke parit dan dari dokter Forensik menyatakan tidak ada unsur-unsur kekerasan," tandasnya. (Tribunkaltim.co)

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul BREAKING NEWS Autopsi Jenazah Ahmad Yusuf, Makam Dibongkar, Kasus Balita Ditemukan Tanpa Organ Tubuh

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas