Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menanti Pemulangan Jenazah Sunakip, ABK Asal Gunungkidul yang Meninggal di Kapal Ikan Taiwan

Elly memastikan agar hak pekerja seperti yang dialami almarhum Sunakip terpenuhi semua seperti asuransi hingga uang lembur.

Menanti Pemulangan Jenazah Sunakip, ABK Asal Gunungkidul yang Meninggal di Kapal Ikan Taiwan
Dokumentasi Dukuh Temuireng
Sunakip (tengah) bersama dua orang lainnya Edi Susanto (jaket hijau) dan Udiantoro (tinggi). Mereka bertiga warga Temuireng 2, Girisuko, Panggang, Gunungkidul. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Rumah pasangan suami istri Bani (52) dan Wagiyah (50) warga Padukuhan Temuireng 2, Kalurahan Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta diisi tenda dan kursi tersimpan di halaman rumah sederhana.

Rumah itu adalah tempat tinggal orang tua Sunakip Setiawan (21), (sebelumnya ditulis berumur 26 tahun), seorang pekerja di kapal ikan Taiwan yang meninggal dunia karena sakit.

Sebagian merupakan tetangga, dan kerabat yang menemani Bani dan keluarga menunggu kepastian kapan kedatangan jenazah anak keduanya itu.

Kamis (7/1/2021), Tim satgas Pekerja Migran Indonesia (PMI) Unprosedural Pemda DIY, Dinas Tenaga Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Gunungkidul, serta penanggung jawab keberangkatan almarhum Sunakip datang ke rumah duka.

Belasan orang ini mendapatkan penjelasan dari penanggung jawab keberangkatan, Jimmy Lengkong, yang mengatakan perusahaan yang memberangkatkan almarhum dan kedua tetangganya yang juga masih kerabat dengan korban, sedang bermasalah.

Jimmy mengambil peran sebagai penanggung jawab, karena saat berangkat dirinya masih bekerja di perusahaan itu.

Sunakip (tengah) bersama dua orang lainnya Edi Susanto (jaket hijau) dan Udiantoro (tinggi). Mereka bertiga warga Temuireng 2, Girisuko, Panggang, Gunungkidul.
Sunakip (tengah) bersama dua orang lainnya Edi Susanto (jaket hijau) dan Udiantoro (tinggi). Mereka bertiga warga Temuireng 2, Girisuko, Panggang, Gunungkidul. (Dokumentasi Dukuh Temuireng)

Jimmy mengaku mendapatkan informasi kematian korban dari kedua kerabat almarhum Sunakip yang bekerja di kapal yang sama. Keduanya adalah Udiantoro dan Edi Susanto.

"Awal pertama dia telepon saya menanyakan ada kekerasan tidak? ternyata tidak ada. Ya sudah," kata Jimmy saat ditemui seusai pertemuan Kamis (7/1/2021).

Dia mengaku tidak langsung menghubungi keluarga.

Keduanya sudah menceritakan meninggalnya Sunakip. Sehingga, informasi bisa disampaikan langsung saksi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas