Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiga Teroris KKB Papua Lekagak Telenggen yang Menyerahkan Diri Tidak Ditahan

Tiga anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen yang menyerahkan diri tidak ditahan oleh aparat TNI-Polri karena kooperatif.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Tiga Teroris KKB Papua Lekagak Telenggen yang Menyerahkan Diri Tidak Ditahan
Kompas TV
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen yang menyerahkan diri diputuskan tidak ditahan oleh aparat TNI-Polri.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan alasan ketiganya tidak ditahan antara lain ketiganya kooperatif dan berjanji setia kepada NKRI.

"Yang tiga itu tidak ditahan, namanya menyerahkan diri. Mungkin dia posisinya menyerahkan diri, ya pasti koperatif dan yang jelas tidak ditahan," kata Ahmad kepada wartawan, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Lokasi Prajurit TNI Diserang saat Mobil Mogok Diduga Merupakan Jalur Lintas KKB Distrik Oksop 

Ia menyampaikan ketiganya tak ditahan karena belum ditemukan unsur pidana yang signifikan selama tergabung menjadi anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen.

Namun demikian, kata Ahmad, pihak kepolisian tetap akan memberikan pengawasan dan pembinaan kepada ketiga anggota KKB yang menyerahkan diri tersebut.

Sebaliknya, pengawasan bertujuan agar dapat memantau gerak-gerik ketiganya agar tidak kembali membelot bergabung menjadi anggota kelompok teroris KKB Papua.

"Kita akan tetap melakukan pengamanan dan pengawasan terhadap yang bersangkutan, kalau dugaannya seperti itu. Kita juga kewaspadaan tetap harus ada, ketika ada seperti itu bukan langsung percaya aja. Tentu kita kewaspadaan tetap ada. Kita lakukan pembinaan segala macam gitu," pungkasnya.

Baca juga: Kapolda Papua Ultimatum KKB, Segera Menyerahkan Diri atau Ditindak Secara Hukum

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III mengatakan tiga anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen menyerahkan diri kepada aparat TNI Satgas Yonif 715/Mtl yang melaksanakan patroli keamanan di Kampung Tanah Merah, Papua, Sabtu (15/5/2021).

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan mereka yang menyerahkan diri masing-masing berinisial YAW (34), MM (17), dan OM (41).

“Tiga orang yang menyerahkan diri itu merupakan anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen,” kata Suriastawa dalam keterangannya, Minggu (16/5/2021).

Berdasarkan pengakuan dari ketiganya, kata Suriastawa, diketahui mereka memiliki tugas yang berbeda-beda.

Baca juga: KKB Papua yang Menjadi Otak Pembacokan dan Perampasan Senpi 2 Prajurit TNI Masih Diburu

Suriastawa mengatakan YAW yang juga terlibat perang di Tembagapura tahun 2017-2019 bertugas sebagai pemantau aparat keamanan yang akan masuk ke Kampung Tigilobak.

MM, kata dia, bertugas sebagai pencari logistik dan dana dari masyarakat.

Sedangkan OM, kata Suriastawa, sebagai pendamping saat YAW dan MM melaksanakan tugasnya.

Selain menyerahkan diri, kata Suriastawa, ketiganya juga menyerahkan sejumlah senjata.

Senjata tersebut antara lain berupa senapan angin, golok, anak panah, munisi SS2, softgun, beberapa dokumen, ransel, ponsel, dan lainnya.

“Saat ini, ketiga teroris dan barang bukti sudah diserahkan kepada Satgas Nemangkawi Polri untuk pemeriksaan dan proses lebih lanjut,” kata Suriastawa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas