Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gubernur Edy Rahmayadi Wanti-wanti Anggaran di Bidang Kesehatan: Jangan Salah Gunakan

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku indeks pencegahan korupsi dalam bidang kesehatan di Sumut masih di bawah standar.

Editor: Erik S
zoom-in Gubernur Edy Rahmayadi Wanti-wanti Anggaran di Bidang Kesehatan: Jangan Salah Gunakan
Mustaqim Indra Jaya/Trbun Medan
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku indeks pencegahan korupsi dalam bidang kesehatan di Sumut masih di bawah standar. 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku indeks pencegahan korupsi dalam bidang kesehatan di Sumut masih di bawah standar.

Hal ini disampaikan Edy usai Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi di Bidang Kesehatan di Pemprov Sumut, di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan, Selasa (5/4/2022).

"Bukan soal bisa dan tidak bisa, yang tidak bisa nanti baru kita butuh komitmen. Sebenarnya dari hari ke hari sudah mulai membaik, tapi baik itu masih di bawah standar kesehatan khususnya saya tak cerita Indonesia ya, saya bicara Sumatera Utara," ujarnya.




Menurut Edy penggunaan anggaran dari sektor kesehatan cukup besar. Untuk itu, bersama KPK, Edy berharap penyalahgunaan anggaran dapat diminimalisir.

Baca juga: Saat Datangi KPK, Pengacara Adam Deni Serahkan Informasi Dugaan Korupsi Ahmad Sahroni

"Jadi inilah komitmen juga yang difasilitasi oleh KPK agar tidak menyalahgunakan anggaran, itu dulu yang utama, anggaran cukup besar untuk kesehatan, porsinya besar dari punya kita, jadi porsinya lebih dari yang lain. Jadi kesehatan sangat perlu itu adalah visinya Gubernur Sumatera Utara," katanya.

Terkait posisi Sumatera Utara yang menjadi provinsi nomor dua terkorup pada tahun 2021, Edy mengatakan akan membenahi manajemen pengawasan khususnya di Puskesmas.

"Ini kami koordinasi terus dengan pusat dengan daerah kabupaten/kota kita cek benar dan manfaat fungsi yang dilakukan oleh Puskesmas-puskesmas. Inikan persoalannya rakyat ini ada ide saja yang gencar, tinggal pelayanan puskesmas ini yang harus menjadikan rakyat ini bisa terjawab kebutuhan kesehatannya," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Mantan Pangkostrad itu memastikan penyalahgunaan anggaran dapat diminimalisir dengan sistem E Katalog saat ini.

Baca juga: Soal Transaksi Sepeda, Adam Deni Curiga Ahmad Sahroni Korupsi dan Merasa Berhak Sampaikan Info Itu

"Uang ini akan digunakan sesuai proporsional, profesional, inikan harus yang mengerti tentang manajemen. Tapi sekarang saya rasa tidak sulit lagi karena sudah ada E Katalog, hanya tinggal pengawasan harus ditingkatkan lagi. Ini upaya kita koordinasikan dengan KPK agar pengawasan dari inspektorat, dari aparat hukum agar sama-sama kita menjalankan komitmen ini," pungkasnya.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Gubernur Edy Rahmayadi Akui Capaian Pencegahan Korupsi di Bidang Kesehatan Masih Rendah

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas