Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dukung Pengamanan KTT ASEAN 2023, Pangkolinlamil Kerahkan KRI Banjarmasin 592

Dia mengatakan bahwa KRI Banjarmasin membawa personel maupun material sesuai dengan kebutuhan pengamanan event internasional tersebut

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Dukung Pengamanan KTT ASEAN 2023, Pangkolinlamil Kerahkan KRI Banjarmasin 592
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Panglima Komnado Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan bersama jajaran saat konferensi pers soal pengerahan KRI Banjarmasin untuk Pengamanan KTT ASEAN Summit 2023 di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (2/5/2023) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima Komnado Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan mengatakan pihaknya mengerahkan KRI Banjarmasin 592 untuk membantu mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Hal ini, kata dia, menindaklanjuti perintah Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.




Dia mengatakan bahwa KRI Banjarmasin membawa personel maupun material sesuai dengan kebutuhan pengamanan event internasional tersebut.

“Tanggal 1 Mei kemarin, jam 17.30 WITA, saya sudah dapatkan laporan bahwa KRI Banjarmasin 592 yang mengangkut personel maupun material dari Paspampres kemudian dari Satkomlek Mabes TNI maupun dari Sasiber Mabes TNI, sudah bergeser dari Jakarta menuju ke Labuan Bajo.”

“Dan sekarang sudah existing di sana tinggal seting tempat dan perlengkapan serta pasukan,” kata Yayan di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: 11 Kepala Negara Hadiri KTT ASEAN di Labuan Bajo, Telkom Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi

Menurutnya, ini bentuk kontribusi Kolinlamil yang tidak hanya sebagai pembina angkutan laut militer, melainkan angkutan laut nasional.

BERITA TERKAIT

Selain alutsista, Yayan mengatakan pihaknya juga memboyong kendaraan bermotor hingga kendaraan tempur, kendaraan taktis hingga perlengkapan elektronik termasuk pula para personel yang bertugas.

“Jadi kendaraan-kendaraan bermotor yang nanti akan digunakan untuk motor kawal, kendaraan taktis yang akan digunakan oleh pasukan-pasukan itu saat ini sudah tergeser dari Jakarta ke Labuan Bajo,” tuturnya.

Tak hanya dukungan material, Pangkolinlamil menambahkan bahwa para personel yang ikut juga mesti memenuhi sejumlah persyaratan.

Para pasukan yang disertakan itu, kata Yayan, harus sudah memenuhi Gladi Tugas Tempur atau Gelagaspur tingkat satu hingga tingkat tiga.

Hal itu agar seluruh prajurit dapat menjalankan tugasnya dengan baik. 

“Dan kita bersyukur juga bahwa pada saat linla (lintas laut) dari Jakarta menuju ke Labuan Bajo cuaca juga kondusif sehingga apa yang kita harapkan dapat terlaksana sesuai dengan rencana,” tuturnya.

Pangkolinlamil pun mengeaskan pihaknya siap mendukung penuh penyelenggaraan KTT Asean di Labuan Bajo.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas