Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KNKT Terjunkan Tim Investigasi ke Lokasi Tabrakan Dua Kereta di Cicalengka Bandung

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan telah mengirim tim teknis ke lokasi kejadian insiden kecelakaan kereta.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in KNKT Terjunkan Tim Investigasi ke Lokasi Tabrakan Dua Kereta di Cicalengka Bandung
Tangkapan Layar
Tampak satu gerbong terbalik akibat tabrakan antara kereta api (KA) Turangga tujuan Bandung dengan KA Lokal Bandung Raya di petak stasiun Cicalengka-Haurpugur, Jumat (5/1/2024) sekitar pukul 6.15 WIB. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera menerjunkan tim untuk melakukan investigasi di lokasi kejadian insiden kecelakaan kereta di wilayah Jawa Barat.

Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Data dan Informasi (Kasubbag Datin) dan Humas Sekretariat KNKT, Anggo Anurogo mengungkapkan, saat ini tim yang dimaksud tengah dibentuk.

Diketahui, kecelakaan insiden kereta terjadi melibatkan KA Turangga (KA Plb 65A), dengan KA Commuterline Bandung Raya (KA 350) di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB.

Baca juga: Situasi Terkini di Lokasi Tabrakan 2 Kereta di Bandung, 5 Ambulans Tinggalkan Tempat Kecelakaan

"Saat ini KNKT sedang menyusun tim investigasi yang akan ditugaskan ke lokasi kejadian," ungkap Anggo saat dihubungi, Jumat (5/1/2024).

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) telah mengirim tim teknis ke lokasi kejadian insiden kecelakaan kereta.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal.

BERITA TERKAIT

"Guna menindaklanjuti dan mengevakuasi korban dari insiden ini, DJKA telah mengirimkan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian," kata Risal saat dihubungi Tribunnews.

Risal mengatakan, lokasi insiden yang melibatkan KA Turangga dengan KA Commuterline Bandung Raya ini berada sekitar 800 meter sebelum sinyal masuk Stasiun Cicalengka.

"Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan turut prihatin dan berduka cita atas korban terdampak akibat insiden di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung," terangnya.

Sebagai informasi, Tabrakan dua kereta terjadi di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024) pagi ini.

Video tabrakan dua kereta itu beredar luas di media sosial dan pesan WhatsApp. Disebut-sebut kereta yang mengalami tabrakan adalah kereta lokal Commuter Line Bandung Raya dengan KA Turangga.

Kecelakaan tersebut tepatnya terjadi di Babakan DKA Cicalengka, sekitar 400 meter dari Stasiun Cicalengka.

Dalam video yang beredar, nampak kereta dalam posisi berhenti. Sebagian gerbong kereta dalam kondisi bergeser bahkan hingga terbalik.

Sejumlah penumpang nampang berjalan menjauh kereta api yang sudah terbalik. Bahkan sejumlah gerbong nampak rusak berat.

Para penumpang nampak berjalan menyusuri sawah yang berada di samping rel kereta, tak sedikit yang berjalan sambil membawa koper dan sejumlah barang lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas