Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasca-Wings Air Ditembaki, Hercules TNI AU untuk Misi Kemanusian Mendarat di Bandara Yahukimo

Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa juga menyampaikan, saat ini pasukan TNI tetap bersiaga dan terus melaksanakan pengejaran terhadap Kelompok KSTP

Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Pasca-Wings Air Ditembaki, Hercules TNI AU untuk Misi Kemanusian Mendarat di Bandara Yahukimo
Dok. Penkogabwilhan III
TNI mengirimkan pesawat Hercules C-130 Skadron Udara 32, A- 1316 ke Bandara Nop Goliath, Dekai, Yahukimo, Papua, Senin (19/2/2024) untuk misi kemanusiaan, pasca-penembakan terhadap pesawat Wings Air di bandara tersebut oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Sabtu, 17 Februari 2024.  

TRIBUNNEWS.COM, - Pasca-penembakan terhadap pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliath, Dekai, Yahukimo, Papua, oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Sabtu (17/2/2024) lalu, saat ini Bandara Nop Goliath masih dalam pengawasan dan pengamanan ketat aparat keamanan.

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa menyampaikan, sejauh ini telah diberangkatkan pesawat Hercules C-130 Skadron Udara 32, A - 1316 ke Bandara Nop Goliath, Dekai, Yahukimo, untuk melaksanakan misi kemanusiaan yakni mendorong logistik untuk Satuan Tugas (Satgas) TNI di Yahukimo serta untuk kebutuhan hidup masyarakat setempat.

“Ya benar, hari ini telah dilaksanakan penerbangan pesawat Hercules untuk misi kemanusiaan dengan membawa logistik untuk TNI dan juga untuk masyarakat yang ada di Yahukimo. Bandara Dekai ini merupakan urat nadi transportasi ke Yahukimo, kasihan masyarakat kalau tidak ada pesawat yang terbang ke Dekai karena gangguan keamanan bandara oleh KSTP,” ujar Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa dalam keterangan pers, diterima pers, Senin (19/2/2024).  

“Pimpinan TNI telah memberikan arahan demi membantu kesulitan masyarakat terkait suplai logistik ke Yahukimo, pengamanan bandara juga ditingkatkan setelah tejadinya insiden kemarin,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat maskapai Wings Air ditembaki (KSTP) wilayah Yahukimo di Bandara Nop Goliath Dekai, Yahukimo, Papua pada Sabtu (17/2/2024). Beruntung, tidfak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa juga menyampaikan, saat ini pasukan TNI tetap bersiaga dan terus melaksanakan pengejaran terhadap Kelompok KSTP Yahukimo yang telah mencoba membuat gangguan keamanan di Bandara Nop Goliath.

“Kami sudah siagakan pasukan di Bandara, disamping pasukan yang melakukan pengejaran terhadap KSTP tersebut,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas