Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BNPB: 101 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Tiga Distrik Kabupaten Jayapura

Tiga distrik di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua terdampak banjir akibat hujan yang turun dengan intensitas tinggi pada Selasa (19/3/2024) malam.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in BNPB: 101 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Tiga Distrik Kabupaten Jayapura
BPBD Kabupaten Jayapura
Tim Gabungan bersama warga lakukan pembersihan material pascabanjir di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Rabu (20/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tiga distrik di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua terdampak banjir akibat hujan yang turun dengan intensitas tinggi pada Selasa (19/3/2024) malam.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan drainase yang tertutup lumpur menjadi salah satu penyebab terhambatnya air mengalir sehingga membuat air meluap ke permukiman.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura, kata dia, melaporkan pada Rabu (20/3/2024) pukul 10.12 WIB sebanyak tiga distrik terdampak antara lain Distrik Sentani, Sentani Timur, dan Unurumguay.

"Peristiwa tersebut sebabkan 158 unit rumah dan sekitar 101 kepala keluarga terdampak. Selain itu dilaporkan terdapat sebagian warga memilih mengungsi ke rumah kerabat yang lebih aman. Kondisi terkini banjir mulai surut di beberapa titik," kata Abdul Muhari dalam siaran pers BNPB pada Rabu (20/3/2024).

Ia mengatakan aktivitas warga terganggu setelah kejadian itu.

Baca juga: Update Banjir di Demak, Ratusan Sekolah Terdampak hingga Jadwal Penutupan Tanggul yang Jebol

Kegiatan belajar di satu sekolah yang tergenang banjir diliburkan dan satu jembatan di Distrik Unurumguay terputus sehingga akses jalan terputus.

BERITA TERKAIT

BPBD Kabupaten Jayapura dan tim gabungan, kata dia, telah melakukan upaya penanganan darurat di antaranya pendataan dan monitoring di tempat terdampak karena masih berpotensinya turun hujan, serta melakukan pembersihan material banjir.

Baca juga: Disnaker Kota Semarang Imbau Perusahaan Tetap Cairkan THR Meskipun Banjir Melanda

"BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir di wilayah permukiman, yaitu dengan rutin membersihkan aliran air maupun drainase agar ketika terjadi hujan deras, air dapat mengalir dengan baik dan tidak meluap ke permukiman warga," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas