Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

OPM Bakar Gedung SMP di Papua Pegunungan, TNI Buru Para Pelaku

Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali berulah di Pegunungan Bitang, Papua Pegunungan. Organisasi tersebut kali ini membakar fasilitas pendidikan.

Editor: Abdul Muhaimin
zoom-in OPM Bakar Gedung SMP di Papua Pegunungan, TNI Buru Para Pelaku
Istimewa
Gedung SMP Negeri Okbab di Pegunungan Bitang, Papua Pegunungan hangus usai dibakar OPM pada Sabtu (13/7/2024) sekira pukul 11.30 WIT. Aparat keamanan kini tengah memburu pelaku. 

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) diduga membakar gedung SMP di Negeri Okbab, Papua Pegunungan, Sabtu (13/7/2024) lalu.

Mereka membakar fasilitas pendidikan tersebut dan meninggalkannya.

Aksi pembakaran gedung sekolah dianggap dapat merusak masa depan anak-anak.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan menyayangkan pembakaran gedung sekolah tersebut.

"Sangat disayangkan pembakaran gedung sekolah SMP itu, kejadian ini dikecam oleh masyarakat karena gedung sekolah tersebut dalam kesehariannya digunakan anak-anak untuk belajar," kata Kapendam dalam keterangan tertulisnya.

"Aksi pembakaran sekolah berulang dan memang OPM menginginkan anak-anak tidak sekolah. Aksi OPM ini menghancurkan masa depan anak-anak, yang sejatinya semangat dan antusiasme belajar anak-anak sangat tinggi untuk bersekolah," ujarnya.

Aparat keamanan saat ini sedang mengejar gerombolan OPM yang membakar sekolah tersebut, karena usai membakar kemudian melarikan diri.

Satgas Damai Cartenz Kuasai Markas KKB di Pania

BERITA TERKAIT

Satgas Damai Cartenz dan pasukan gabungan TNI-Polri menembak mati seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Undius Kogoya, Sabtu (15/6/2024).

Penembakan terjadi di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, setelah anggota KKB melakukan penyerangan terhadap warga.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Kombes Pol. Faizal Ramadhani mengatakan operasi untuk menindak KKB pimpinan Undius Kogoya dilakukan sejak Jumat (14/6/2024).

Baca juga: KKB Kembali Berulah, Tembaki Pesawat dan Pos Logistik di Sinak Papua Tengah

"Kami Satgas Ops Damai Cartenz terus melakukan pengejaran terhadap KKB kelompok Undius Kogoya yang aktif melakukan serangan dan aksi-aksi kriminal di Kabupaten Paniai," paparnya, Senin (17/6/2024), dikutip dari TribunPapua.com.

Satgas Damai Cartenz  kemudian menduduki markas KKB pimpinan Undius Kogoya dan menyita sejumlah senjata.

Saat penggerebekan, salah satu anggota KKB kabur dari markas menuju hutan.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 Bayu Suseno menyatakan masih memburu anggota KKB yang kabur.

“Kami menegaskan kembali bahwa, Satgas Ops Damai Cartenz-2024, berkomitmen untuk terus melakukan penegakkan hukum yang tegas dan terukur terhadap OPM di Papua," tuturnya.

Sebagian artikel telah tayang di TribunJeneponto.com dengan judul KEMBALI BERULAH, OPM Bakar Gedung SMPN Okbab Papua Pegunungan

(Tribunnews.com/Mohay) (TribunPapua.com/Marselinus Labu Lela/Roy Ratumakin)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas