Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sosok Pilot Helikopter yang Dibunuh KKB, Warga Selandia Baru Bekerja di PT Intan Angkasa Air Service

Sebuah Helikopter Intan Angkasa Air Service diduga diserang OTK saat mendarat di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Editor: Abdul Muhaimin
zoom-in Sosok Pilot Helikopter yang Dibunuh KKB, Warga Selandia Baru Bekerja di PT Intan Angkasa Air Service
Ist/Tribun Papua
Helikopter Intan Angkasa Air Service dengan nomor registrasi PK-IWN alami inseden saat mendarat di Distrik Alama, Kabupateb Mimika, Provinsi Papua Tengah, Senin (5/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Pilot Helikopter Intan Angkasa Air Service disandera dan dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Senin (5/8/2024).

Pilot bernama Glen Malcolm Conning merupakan warga Selandia Baru berusia 50 tahun.

Glen Malcolm Conning dibunuh saat membawa 4 tenaga kesehatan (nakes) dan dua anak-anak dari Timika menuju distrik Alama.




Selain melakukan pembunuhan, KKB juga membakar helikopter dengan nomor registrasi PK-IWN.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Benar telah terjadi penyanderaan dan pembunuhan yang dilakukan KKB terhadap Mr. Glen Malcolm Conning yang merupakan pilot Helikopter milik PT Intan Angkasa Air Service," Brigjen Pol Faizal Ramadhani.

"Kejadian tersebut terjadi saat helikopter tiba di Distrik Alama dengan membawa 4 penumpang Bandara Moses Kilangin Timika tujuan Distrik Alama,” imbuh Brigjen Pol Faizal Ramadhani.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno, dalam keteranganya mengatakan bahwa, informasi yang diterima oleh saksi saksi berinisial D menjelaskan bahwa, pada saat helikopter tiba di Distrik Alama, para penumpang dan pilot langsung di hadang oleh KKB.

"Jadi saat itu juga pilot Mr. Glen Malcolm Conning langsung dibunuh oleh KKB di landasan bandara Alama," kata Kombes Bayu.

Kombes Bayu menjelaskan, untuk kronologis kejadian berawal ketika sekitar pukul 09:30 WIT helikopter terbang dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Distrik Alama, Kabupaten Mimika.

Lanjutnya, setelah tiba di Distrik Alama, mereka dicegat KKB menggunakan senjata api, kemudian pilot dan penumpang diturunkan dari helikopter.

Baca juga: Breaking News: KKB Bunuh Pilot Warga Negara Selandia Baru di Timika Papua Tengah

Pilot dan penumpang dikumpulkan di lapangan tepatnya sekitar lokasi helikopter mendarat. Setelah itu KKB langsung melakukan pembunuhan terhadap pilot.

"Jenazah pilot dibawa ke helikopter kemudian dibakar bersamaan dengan helikopter," ucapnya.

"Kalau seluruh penumpang selamat, karena mereka merupakan warga setempat yaitu," jelas Bayu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas