Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Hadi Pranoto Jelaskan Hubungannya dengan Si Empunya Hajatan Pengundang Rhoma Irama di Bogor

Nama Hadi Pranoto jadi pembicaraan publik setelah video wawancaranya dengan penyanyi sekaligus musisi Anji Manji tayang di Youtube dan viral.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
zoom-in Hadi Pranoto Jelaskan Hubungannya dengan Si Empunya Hajatan Pengundang Rhoma Irama di Bogor
Kolase Tribun-Timur.com
Hadi Pranoto mengklaim menemukan obat Covid-19 yang dihargai Rp 150.000 per botol yang telah ampuh sembuhkan ribuan pasien positif corona. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Hadi Pranoto jadi pembicaraan publik setelah video wawancaranya dengan penyanyi sekaligus musisi Anji Manji tayang di Youtube dan viral.

Pada video Anji yang sudah dihapus oleh Youtube, Hadi Pranoto mengumumkan penemuannya tentang obat herbal yang diyakini sebagai obat covid-19.

Banyak netizen yang penasaran dan mencari artikel terkait latar belakang Hadi Pranoto di internet, tentu di luar pemberitaan terkait klaim kontroversialnya tersebut.

Dari hasil pencarian, yang muncul justru berita saat Hadi Pranoto menyampaikan klarifikasi terkait hajatan di Bogor, yang digelar oleh Surya Atmaja.

Baca: Klaim Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Tolak Beberkan Riwayat Pendidikan, Ini Alasannya

Baca: Siap Temuan Obat Covid-19 Klaimnya Diuji Klinis? Hadi Pranoto: Itu yang Saya Harapkan

BERITA TERKAIT

Hajatan di masa pandemi covid-19 tanpa izin itu bikin heboh. Sebba, penyanyi dangdut Rhoma Irama tampil di panggung hajatan sehingga mengundang keramaian. 

Profesor Hadi Pranoto Klaim antibodi Covid-19
Profesor Hadi Pranoto Klaim antibodi Covid-19 (Instagram/duniamanji)

Hadi Pranoto kemudian menjelaskan hubungannya dengan Surya Atmaja sehingga jadi juru bicara keluarganya perihal hajatan tersebut.

"Beliau itu kan orangtua asuh saya, yang mendidik saya juga dan setiap saat seminggu skeali saya datang ke beliau dala. konteks ini saya sebagai bangsa melayu yang tahu akan tata krama," ungkap Hadi melalui sambungan telepon dengan Tribunnews.com, Senin (3/8/2020).

Baca: Sebaran Virus Corona Indonesia Senin 3 Agustus 2020: DKI dan Jawa Timur Catat 400 Lebih Kasus Baru

Hady mengklaim walaupun ada kumpulan masa saat itu namun berdasarkan hasil tes tidak ada yang covid-19 karena ia berikan antibody covid-19 buatannya.

Wawancara Anji dengan Hadi Pranoto
Wawancara Anji dengan Hadi Pranoto (Youtube Dunia Manji)

"Seperti di Bogor dengan khitanan masal anak orangtua angkat saya, ternyata setelah saya konsumsikan herbal ini mereka waktu tes secara masal mereka tidak ada yang terinfeksi covid-19," kata Hadi.

Adapun obat covid-19 yang dibuat Hadi ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti manggis, manggis, sirsak, kelapa, gula merah, jambu merah.

Baca: Update Corona Indonesia, Senin 3 Agustus 2020: Positif Covid-19 113.134 Kasus, Sembuh 70.237 Orang

Baca: 7 Perubahan Liburan Setelah Pandemi Virus Corona

Kemudian kata Hadi bahan yang paling dominan yang digunakan adalah senyawa dari mikrobiologi tanah yang berasal dari tanah yang melakukan proses penguraian, dan hasil produknya berbentuk seperti air mineral dengan kandungan-kandungan tersebut.

"Yang paling dominon mikrobakteri biologi tanah. Mikrobiologi tanah adalah senyawa dari tanah kita yang kita urai jadi bakteri baik yang bisa mentralisir covid-19," ucap Hadi.

Penyanyi Rhoma Irama tetap manggung di Pamijahan, Kabupaten Bogor meski sempat dilarang karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional, Minggu (28/6/2020). (istimewa)
Penyanyi Rhoma Irama tetap manggung di Pamijahan, Kabupaten Bogor meski sempat dilarang karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional, Minggu (28/6/2020). (istimewa) (istimewa)

Bersama dengan timnya, Hadi mengatakan telah melakukan penelitian terkait sejak tahun 2000, dan ketika ada covid-19 mereka langsung mencoba membuat obat herbal yang bisa menangkal dan menyembuhkan.

Baca: Donald Trump Beri Waktu 1,5 Bulan ke Pemilik China untuk Jual TikTok

Baca: Respons Achmad Yurianto soal Hadi Pranoto Klaim Obat Covid-19 di Video Anji Manji: Ini Pembodohan

"Kegiatan kecil ini dari tahun 2000 kemudian pas meledak covid-19 ini kita ambil sampling virusnya, kita samakan genetiknya dan kita cari formula paling bagus dan tepat untuk membunuh covid19," ucap Hadi.

Sementara itu saat ini video wawancara Anji dan Hadi berjudul 'Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan (Part 1')' telah dihapus oleh pihak YouTube.

Penyelenggara panggung Rhoma Irama, Surya Atmaja saat menjalani pemeriksaan secara tertutup dihadiri Gugus Tugas terdiri dari TNI/Polri sampai Ketua Gugus Tugas Bupati Bogor Ade Yasin, di kantor Sekretariat Daerah (Sekda) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/6/2020).
Penyelenggara panggung Rhoma Irama, Surya Atmaja saat menjalani pemeriksaan secara tertutup dihadiri Gugus Tugas terdiri dari TNI/Polri sampai Ketua Gugus Tugas Bupati Bogor Ade Yasin, di kantor Sekretariat Daerah (Sekda) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/6/2020). (Dok Istimewa dan Instagram Rhoma Irama)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas