Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Lonjakan Kasus Covid-19 Status Gawat Liverpool Naik, Semua Klub Liga Inggris Dilarang Hadirkan Fans

Semua klub Liga Inggris dilarang menghadirkan penonton di stadion karena kasus Covid-19 yang naik, di Liverpool statusnya beranjak menjadi Tier 3.

Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Lonjakan Kasus Covid-19 Status Gawat Liverpool Naik, Semua Klub Liga Inggris Dilarang Hadirkan Fans
Twitter Premier League Communications @PLComms ?
Lonjakan Kasus Covid-19 Status Gawat Liverpool Naik, Semua Klub Liga Inggris Dilarang Hadirkan Fans 

TRIBUNNEWS.COM - Privilese untuk menggelar laga dengan penonton tak lagi dimiliki dua klub tetangga, Liverpool dan Everton. Status kegawatan Kota Liverpool naik menjadi Tier 3.

Liverpool dan Everton sempat punya kemewahan sebagai klub yang diperbolehkan mengizinkan fans datang ke stadion, di saat klub lain sudah harus menutup rapat arena laga masing-masing.

Hak istimewa itu bisa datang karena sejak 2 Desember silam, Kota Liverpool berstatus Tier 2 dalam level kegawatan yang ditentukan oleh pemerintah Inggris.

Sebuah tim yang bernaung dalam kota berstatus Tier 2 diperbolehkan untuk menggelar laga dengan batas maksimal 2.000 penonton.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Tottenham vs Fulham Ditunda, Muncul Wacana Liga Inggris Ditangguhkan 2 Pekan

Baca juga: HASIL Liga Inggris - Liverpool Kembali Imbang, Milner Kecewa Berat: The Reds Pantas Menang

Limit jumlah fans yang datang ke stadion akan naik menjadi 4.000 andai sebuah tim berada dalam kota yang berlabel Tier 1.

Namun, keputusan Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, pada Rabu (30/12/20) waktu setempat resmi mencabut privilese Liverpool dan Everton untuk menggelar pertandingan dengan penonton.

Sebagai tindakan preventif untuk menekan laju penularan virus corona, status kegawatan Kota Liverpool dinaikkan menjadi Tier 3.

BERITA REKOMENDASI

Status tersebut mulai berlaku mulai pukul Kamis (31/12/20) pukul 00.01 waktu setempat.

“Ditempatkan di Tier 3 hari ini adalah sesuatu yang tidak kita inginkan. Namun, semoga pendekatan baru ini membantu untuk menekan dan mengendalikan secara cepat penyebaran virus,” kata Walikota Liverpool, Steve Rotheram.

Seiring beralihnya Kota Liverpool ke Tier 3, berarti kini tak ada klub partisipan Premier League yang boleh mengisi stadion dengan penonton.

London, tempat bernaung Chelsea, Arsenal, West Ham, Crystal Palace, Fulham, dan Tottenham Hostpur, berstatus Tier 4, alias level kegawatan paling tinggi.

Tingkat restriksi paling ketat juga diberlakukan di kawasan Greater Manchester, area di mana Manchester United dan Manchester City bermarkas.

Virus corona sedang mengguncang hebat tanah Inggris. Pada Selasa (29/12/20) silam kawasan Inggris Raya mencatat rekor infeksi paling tinggi di masa pandemi, yakni sebanyak lebih dari 50 ribu kasus.

Lonjakan kasus Covid-19 berdampak langsung terhadap penyelenggaraan Premier League.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
6
4
2
0
14
6
8
14
3
Arsenal
6
4
2
0
12
5
7
14
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas