Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pelatih Borneo FC Harapkan Pemisahan Jadwal Liga 1 dan Piala AFF U-23

Pieter Huistra, berbicara tentang pemanggilan dua pemainnya, Komang Teguh dan Daffa Fasya, ke Timnas Indonesia U-23 yang tengah berlangsung

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Pelatih Borneo FC Harapkan Pemisahan Jadwal Liga 1 dan Piala AFF U-23
Instagram @borneofc.id
Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra mengaku kesulitan cari pengganti Matheus Pato 

Oleh: Alfarizy AF, Wartawan Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, berbicara tentang pemanggilan dua pemainnya, Komang Teguh dan Daffa Fasya, ke Timnas Indonesia U-23 yang tengah berlangsung menjelang Piala AFF U-23 2023.

Meski turnamen ini penting, kompetisi liga di negara manapun, terutama liga utama dan profesional, seharusnya mendapat prioritas




Pieter Huistra mengungkapkan keprihatinan mengenai pemanggilan pemain ini yang bertepatan dengan berlangsungnya kompetisi Liga 1.

Bagi Pieter, Liga 1 seharusnya menjadi prioritas utama bagi para pemain Indonesia dan seharusnya mendapatkan perhatian lebih.

Dalam pandangannya, Liga 1 adalah wadah utama bagi perkembangan para pemain.

"Meski turnamen ini penting, kompetisi liga di negara manapun, terutama liga utama dan profesional, seharusnya mendapat prioritas," jelas Pieter.

BERITA TERKAIT

"Tentu saja, Timnas Senior memiliki peran penting, tetapi Liga 1 adalah tempat utama perkembangan para pemain," tegasnya.

Pelatih asal Belanda tersebut berharap agar kedepannya, jadwal kompetisi ini dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak bersinggungan dengan Liga 1.

Ia bahkan berpendapat bahwa jika PSSI menganggap Piala AFF sebagai kompetisi yang begitu signifikan, maka Liga 1 harus dihentikan sementara.

"Saya memahami arti pentingnya Piala AFF bagi Indonesia, tetapi saya berharap ini dapat dipisahkan ke depannya. Jika dianggap begitu penting, maka jadwal Liga seharusnya dihentikan," ungkap pelatih berusia 56 tahun ini.

Liga 1 Seharusnya Mendapatkan Tempat Tertinggi dalam segala Situasi

Pieter Huistra menekankan kembali bahwa Liga 1 seharusnya mendapatkan tempat tertinggi dalam segala situasi.

Lebih lanjut, ia mencatat bahwa Piala AFF tidak termasuk dalam agenda resmi FIFA.

"Bagi saya, Liga 1 memiliki arti yang sama seperti Premier League di Inggris, LaLiga Santander di Spanyol, dan Eredivisie di Belanda. Inilah yang harus dikedepankan," pungkas Pieter.

Sebelumnya, satu pemain Borneo FC lainnya, Muhammad Fajar Fathur Rahman, juga dipanggil untuk Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-23.

Ekspresi pelatih Borneo FC, Pieter Huistra di pinggir lapangan dalam laga Persis Solo vs Borneo FC pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (15/7/2023) malam. Persis Solo berhasil meraih kemenangan pertama musim ini dengan mengalahkan Borneo FC 2-1. TRIBUN SOLO/Muhammad Nursina
Ekspresi pelatih Borneo FC, Pieter Huistra di pinggir lapangan dalam laga Persis Solo vs Borneo FC pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (15/7/2023) malam. Persis Solo berhasil meraih kemenangan pertama musim ini dengan mengalahkan Borneo FC 2-1. TRIBUN SOLO/Muhammad Nursina (/Muhammadnursina)

Namun, Fajar kemudian digantikan oleh Titan Agung Bagus dari Bhayangkara Presisi FC.

Timnas Indonesia U-23 telah memulai latihan perdana di Lapangan A, Senayan, Jakarta, pada Kamis (10/8/2023).

Piala AFF U-23 2023 dijadwalkan akan diselenggarakan di Thailand pada tanggal 17-26 Agustus mendatang, di mana Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Timor Leste dan Malaysia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas