Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Timnas Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Malaysia Tragis

Timnas Indonesia lolos ke putaran 3 kualifikasi Piala Dunia 2026. Thailand dan Vietnam harus kandas, sedangkan Malaysia deg-degan

Penulis: Drajat Sugiri
zoom-in Timnas Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Malaysia Tragis
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Selebrasi pesepak bola Timnas Indonesia Rizky Ridho selebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Filipina saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kecuali Australia, Timnas Indonesia menjadi rapor terbaik ketimbang 5 negara Asia Tenggara lainnya.

Kepastian Timnas Indonesia lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia didapat setelah mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024).

Dua gol penentu Timnas Indonesia lolos ke babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 tercipta melalui Thom Haye (32') dan Rizky Ridho (56').




Dengan hasil ini Timnas Indonesia untuk kali pertama melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sekaligus memastikan tiket untuk tampil otomatis di putaran final Piala Asia 2027.

Selebrasi Thom Haye setelah mencetak gol pertama Timnas Indonesia saat melawan Filipina pada laga pamungkas penyisihan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 2 di SUGBK, Selasa (11/6/2024) malam.
Selebrasi Thom Haye setelah mencetak gol pertama Timnas Indonesia saat melawan Filipina pada laga pamungkas penyisihan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 2 di SUGBK, Selasa (11/6/2024) malam. (Tribunnews/Herudin)

Skuad asuhan Shin Tae-yong mengakhiri fase Grup F sebagai runner-up, dan berhak mendampingi Irak lolos ke fase selanjutnya. Timnas Indonesia membukukan 10 poin.

Di mana perolehan angka Thom Haye dkk sudah tak mungkin disalip Vietnam yang baru melakoni pertandingan melawan Irak di Basra International Stadium, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Faktanya, hasil ini menunjukkan prestasi menawan bagi tim Merah-Putih. Di antaranya menjadi satu-satunya tim ASEAN yang loloe ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

BERITA TERKAIT

Bagaimana dengan kelima negara wakil Asia Tenggara lainnya?

Dimulai dari Myanmar, di mana mereka tidak mungkin lolos ke putaran ketiga. Tergabung di Grup BN, Myanmar saat ini menduduki posisi juru kunci bermodal satu poin dari lima pertandingan.

Di laga terakhir fase grup, Myanmar menghadapi Korea Utara.

Kemudian dia Thailand dan Singapura yang juga tergabung di Grup C, juga dipastikan tidak melaju ke fase selanjutnya.

Baca juga: Update Ranking FIFA Timnas Indonesia usai Bungkam Filipina, Skuad Garuda Lengserkan Malaysia

Tergabung di Grup C, Thailand dan Singapura menduduki posisi dua terbawa di tabel klasemen.

Thailand asuhan Masatada Ishii gagal mengikuti jejak Timnas Indonesia karena kalah head to head dari China.

Thailand dan China sejatinya memiliki koleksi poin yang sama, yakni 8. Bahkan untuk selisih dan produktivitas gol pun juga sama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas