Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inilah Kopi Mandailing, Minuman yang Disajikan pada Resepsi Kahiyang-Bobby

Lantas seperti apa sejarah kopi mandailing yang akan disajikan saat resepsi Kahiyang-Bobby di Medan?

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Inilah Kopi Mandailing, Minuman yang Disajikan pada Resepsi Kahiyang-Bobby
net
Secangkir kopi. 

TRIBUNNEWS.COM - Resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan, Sumatera Utara akan diselenggarakan Minggu (26/11/2017).

Nah, menurut pemilik Putri Catering Medan, Cut Mimi, merupakan vendor katering yang menyiapkan makanan untuk resepsi Kahiyang mengatakan akan menyediakan kopi mandailing.

Baca: Empat Tipe Sahabat yang Diperlukan Kaum Hawa

Lantas seperti apa sejarah kopi mandailing yang akan disajikan saat resepsi Kahiyang-Bobby di Medan?

Kopi mandailing yang juga dikenal dengan kopi mandaheling adalah kopi jenis arabika yang ditanam di daerah Mandailing Natal, dekat perbatasan Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Namun, kopi mandailing ini tidak hanya dihasilkan dari daerah yang ditempati etnis Mandailing. Tetapi, kopi tersebut berasal dari beberapa daerah di pedalaman Sumatera, seperti Mandailing, Tapanuli, dan Pakpak.

Uniknya, sebelum Indonesia merdeka, kopi mandailing sudah berhasil merebut hati orang Eropa.

BERITA TERKAIT

Punya Cita Rasa yang Kuat

Begitu kuatnya branding kopi mandailing, Coffee Chief dari Anomali Coffee, Irfan Helmi, mengatakan banyak kopi dari daerah Sumatera yang ikut menamakan produk kopi menggunakan nama Mandailing.

"Pada dasarnya kopi-kopi di Sumatera itu adalah semi wash atau dikenal dengan giling basah. Jadi kalau di luar negeri dikuliti, difermentasi, dikeringkan secara penuh, lalu dikupas. Kalau kopi mandailing dikuliti, difermentasi, dikeringkan tidak secara penuh, dikupas, dan dikeringkan lagi. Cuma beda sedikit proses saja, mengubah rasanya," ujar Irfan.

Alhasil karena proses tersebut, Irfan menyebutkan kopi Mandailingmemiliki cita rasa dengan tingkat keasaman yang rendah dan kekentalan kopinya lebih tinggi.

Sementara itu, konsultan kopi dengan lisensi coffee tester berkelas dunia, Adi Taroepratjeka, menggambarkan cita rasa kopi mandailing dengan rasa spicy, agak earthy, dan body-nya cenderung tebal.

Kopi Mandailing sudah Mendunia

Dalam buku berjudul Dunia Maritim Pantai Barat Sumatera yang ditulis Asnan, menyebutkan dalam catatan sejarah nama kopi mandailing muncul pada akhir abad ke-19.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas