Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Menkes Dorong Rumah Sakit Kembangkan Health Tourism

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendorong agar rumah sakit mengembangkan wisata medis atau health tourism di Indonesia.

Menkes Dorong Rumah Sakit Kembangkan Health Tourism
IST
Menkes Budi Gunadi Sadikin (kiri) saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 dan menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama antara RS Premier Bintaro dengan Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi) mengenai Health Tourism, Minggu (10/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendorong agar rumah sakit mengembangkan wisata medis atau health tourism di Indonesia karena pasar di bidang ini sangat besar.

Hal itu dia sampaikan saat menyaksikan kegiatan vaksinasi Covid-19 dan menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama antara RS Premier Bintaro dengan Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi) mengenai Health Tourism, Minggu (10/10/2021).

Menkes mengatakan, pemerintah saat ini tengah mengembangkan wisata medis di Tanah Air untuk meningkatkan kualitas sektor kesehatan.

Salah satu upayanya adalah melalui kehadiran rumah sakit-rumah sakit bertaraf internasional.

"Kerja sama (RS Premier Bintaro dengan Perkedwi) ini tentu sesuatu yang inovatif, sekaligus mendorong munculnya health tourism jadi suatu hal yang baik, suatu hal yang bagus,” ujar Menkes.

Baca juga: Malaysia Kembali Buka Wisata Medis, Begini Prosedurnya Buat WNI yang Memanfaatkan Layanan Ini 

Berdasar catatan Tribunnews, beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura dan Malaysia sangat serius mengembangkan wisata medis ini sejak beberapa tahun terakhir.

Mereka menyediakan tenaga kesehatan yang bisa berbahasa Indonesia dan saat ini pangsa pasar terbesarnya adalah datang dari warga Indonesia.

Baca juga: Mulai Hari Ini Turis Asing Boleh Masuk Bali, Berikut Rincian Ketentuannya Setiba di Bandara

Di masa pandemi ini, Malaysia juga sudah membuka kembali wisata medis ini dengan menerapakan protokol kesehatan ketat.

Di Indonesia, RS Premier Bintaro terpilih sebagai salah satu rumah sakit yang menjalankan health tourism seperti yang digagas oleh Perkedwi bersama Kementrian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Rumah sakit ini juga terpilih sebagai Pusat Wisata Medis pada bidang Sport Clinic dan Skin & Laser Clinic.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas