Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Divestasi Saham PT. Freeport: Menegasi Sisi Kemanusiaan

Pembelian 51,2% saham Freeport oleh PT Inalum sudah sepatutnya disyukuri dan dirayakan.

Divestasi Saham PT. Freeport: Menegasi Sisi Kemanusiaan
tribun timur/tribun timur/muhammad abdiwan
Sosiolog Sawedi Muhammad mempresentasikan disertasinya saat promosi doktor di Kampus UNM, Senin (27/7). Sawedi memmpertahankan disertasi dengan judul ?Gerakan Sosial di Lingkar Tambang. Politik Perlawanan Masyarakat Asli Sorowako Terhadap PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako, Sulawesi Selatan. tribun timur/muhammad abdiwan 

Oleh: Sawedi Muhammad
Sosiolog Universitas Hasanuddin

TRIBUNNEWS.COM - Pembelian 51,2% saham Freeport oleh PT Inalum sudah sepatutnya disyukuri dan dirayakan.

Betapa tidak, setelah di bawah penguasaan asing selama setengah abad, Indonesia melalui PT Inalum akhirnya menjadi pemegang saham mayoritas.

Akan tetapi, beban berat menunggu di depan mata; beban kemanusiaan yang sangat nyata.

Sayangnya beban berat ini tertutupi oleh gegap gempita dan selebrasi atas finalnya pembelian saham pada tanggal 22 Desember yang lalu.

Beban kemanusiaan yang telah menjadi lembaran hitam sejarah kapitalisme moderen ini, nampaknya akan berlanjut menjadi tragedi kemanusiaan abad 21 yang sangat memiriskan, juga memilukan.

Kalkulasi ekonomi

Secara ekonomis, kepemilikan saham dari 9,36% menjadi 51,2% sudah tentu berimplikasi pada kenaikan dividen yang akan diterima oleh Inalum setiap tahunnya. Diperkirakan setelah tahun 2022 PTFI akan memperoleh laba bersih lebih dari Rp 29 triliun per tahun.

Selain itu Pemda Papua akan kebagian 10% saham. Dividen yang diterima setiap tahunnya sekitar Rp 1,45 triliun setelah tahun 2022.

Baca: Rhenald Kasali: Mengapa Freeport Harus Kita Beli Sahamnya

Dari 10% saham Pemda Papua tersebut dibagi menjadi 7% untuk Kabupaten Mimika termasuk di dalamnya untuk hak ulayat dan 3% untuk Provinsi Papua.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas