Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Jika Bisa Dilakukan dengan Sederhana, Mengapa Harus Panjang dan Ribet

Manfaat lain dari pelayanan berbasis sistem informasi adalah masyarakat akan didorong untuk lebih sadar terhadap kemandirian, disiplin.

Jika Bisa Dilakukan dengan Sederhana, Mengapa Harus Panjang dan Ribet
flylately
Ilustrasi antrean 

PADA suatu kesempatan kami bertemu dengan teman sejawat yang sudah lama tidak saling berkabar.

Kami bertemu di loket lobby suatu instansi pelayanan publik, sayangnya pertemuan kami dalam kondisi suasana kurang nyaman.

Selepas kami mengobrol melepas kangen, sahabat saya mengeluhkan pelayanan instansi ini.

Kami sudah berlama-lama menunggu antre di loket sejak pagi, tapi apa yang kami dapat tidak sesuai yang diharapkan.

Kami pun harus menunggu hampir 2 (dua) jam kembali dari awal proses sampai dengan pelayanan dianggap selesai.

Kami membayangkan bagaimana mereka orang-orang yang antre panjang di belakang saya, kapan mereka akan selesai terlayani, terlintas dalam benak kami setelah melihat antrean panjang di loket kami mengantre.

Pemandangan seperti penumpukan dan antrean panjang ini seringkali kita jumpai, terkadang petugas barang kali termasuk kita sendiri kurang mampu untuk merencanakan pelaksanaan yang mengantisipasi terhadap beberapa kemungkinan sampai pada kondisi ekstrem yang akan terjadi.

Salah satu penyebab adanya penumpukan dan antrean panjang disebabkan oleh adanya proses layanan yang berbelit-belit, ketidakpatuhan, tidak disiplin dan tidak sabar merupakan sikap yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Mengapa seringkali kita menemukan proses yang semestinya dapat dibuat sederhana, namun hal ini terjadi sebaliknya justru menjadi proses yang panjang. Terlebih bila petugas yang sedang bertugas tidak bekerja secara cepat dan sigap.

Maka dibutuhkan cara-cara yang lebih "simple & smart" dalam menghadapi fenomena pelayanan seperti di atas dengan tetap memperhatikan bahwa proses sederhana tidak boleh juga mengesampingkan tahap proses yang harus dilalui.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas