Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Penipu Online Berhasil Akses Informasi Pribadi di Smartphone, Kemungkinan Mereka Lakukan 2 Hal Ini  

Aplikasi selular yang melibatkan jual-beli barang fisik, seperti aplikasi e-commerce adalah salah satu target paling popular bagi penipu.

Editor: Choirul Arifin
Penipu Online Berhasil Akses Informasi Pribadi di Smartphone, Kemungkinan Mereka Lakukan 2 Hal Ini  
Kaspersky
Aplikasi selular yang melibatkan pembelian dan penjualan barang fisik, seperti aplikasi e-commerce adalah salah satu target paling popular bagi penipu. 

Penipu Online Berhasil Mengakses Informasi Pribadi di Smartphone, Kemungkinan Mereka Lakukan 2 Hal Ini  

Oleh Justin Lie, CEO of SHIELD

TRIBUNNEWS.COM - Di era sekarang ini, kemajuan digital dan data berjalan beriringan. Hampir tidak mungkin untuk mendaftar di aplikasi tanpa menyertakan informasi pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nomor telepon Anda.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, aplikasi selular juga dapat meminta informasi seperti alamat rumah, kewarganegaraan, informasi kartu kredit, dan lainnya.

Kebanyakan orang dengan senang hati memberikan informasi ini – dengan catatan bahwa aplikasi seluler dapat menjaga kerahasiaan data mereka.

Untuk penjahat di dunia maya, seperti halnya penipu online, mencuri data pribadi bisa sangat menguntungkan.

Jika seorang penipu online berhasil mengakses informasi pribadi, kemungkinan besar mereka akan melakukan dua hal. Pertama, mereka akan menjual kembali data yang didapat ke situs dark web untuk mendapatkan keuntungan.

Atau, kedua, mereka akan menggunakan data tersebut untuk menyamar sebagai korban dan melakukan serangan siber dengan menggunakan nama mereka.

Baca juga: Waspadai Kejahatan Siber Menjelang Festival Harbolnas 11.11

Untuk mencuri data, pertama-tama penipu online akan mencoba membobol akun pengguna. Jenis serangan seperti ini disebut sebagai “Account Takeover”, dan ada beberapa cara yang memungkinkan hal tersebut terjadi.

Penipu online akan menggunakan kredensial log in yang telah bocor akibat pelanggaran data, atau mereka akan menggunakan teknik rekayasa sosial untuk mengelabui pengguna agar mengungkapkan kata sandi mereka.

Baca juga: Serangan Siber Incar Sektor Keuangan, Masyarakat Harus Persenjatai Diri

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas