Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Manusia Indonesia Telah Berwarna-warni Sejak Zaman Prasejarah

Beberapa temuan paleoantropologis di Indonesia telah menunjukkan ada dua kelompok rasial, yakni populasi Australomelanesoid dan Mongoloid.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Manusia Indonesia Telah Berwarna-warni Sejak Zaman Prasejarah
Barry Kusuma
Goa prasejarah di Leang Leang, Maros, Sulawesi Selatan (Barry Kusuma) 

OLEH : RUSYAD ADI SURIYANTO, Staf Pengajar Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi, dan Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, FK-KMK UGM

BANYAK situs arkeologis di Indonesia berantikuitas 1.500 – 4.000 tahun, dari transisi Neolitik Akhir ke Paleometalik.

Polarisasi di antara unsur-unsur rasial populasi masa 1.500 – 4000 tahun di Nusantara menjadi lebih terang, di mana unsur Mongoloid lebih kuat ataupun sebagai satu-satunya unsur di sebelah barat dan utara Nusantara.

Sedangkan unsur Australomelanesoid lebih kuat ataupun sebagai satu-satunya unsur di sebelah timur dan selatan Nusantara.

Keadaan demikian masih berlangsung hingga sekarang, dan proses mongoloidisasi populasi ini makin ke timur.

Beberapa temuan paleoantropologis di Indonesia telah menunjukkan ada dua kelompok rasial, yakni populasi Australomelanesoid dan Mongoloid.

Beberapa ahli telah menduga pada akhir Pleistosen Atas, populasi Australomelanesoid telah menghuni Asia Tenggara dan terus menyebar ke bagian timur dan selatan Indonesia.

BERITA TERKAIT

Beberapa paleoantropolog sudah menarik garis tegas sejarah awal Asia Tenggara Kepulauan sering dicirikan sebagai sejarah dua persebaran populasi utama.

Yakni, kolonisasi Paleolitik Awal Sahul sekitar 45.000 tahun yang lalu, dan yang lebih kemudian ekspansi para petani Neolitik yang berbahasa Austronesia sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Manusia modern awal yang telah ditemukan di Gua Tianyuan, Zhoukoudian, Cina pada tahun 2003, dengan kepurbaan 42.000 – 39.000 BP, dan rangka manusia Tianyuan 1 ini adalah yang tertua di  Eurasia Timur.

Sebuah kesimpulan yang sudah didukung dengan hadirnya morfologi Asia Selatan dan Australomelanesid yang sebenarnya telah terlihat pada temuan sisa-sisa manusia di Fa Hein, Batadomba-lena, dan Moh Khiew, serta terutama Gua Niah kontemporer.

Sekelompok ilmuwan paleo- dan arkeo- telah mendapatkan pertanggalan dan lithostratigrafi Niah baru ini yang menghubungkan “Skull Deep” yang merupakan bukti episode aktivitas manusia yang rentang pertanggalannya dari sekitar 46.000 – 34.000 tahun yang lalu.

Penggalian terbaru di Moh Khiew (Thailand) telah menghasilkan penemuan rangka manusia Pleistosen Atas dalam keadaan terpreservasi relatif baik, dan tanggal radiometrik pada sampel arangnya yang dikumpulkan dari pemakaman ini memberikan hasil 25.800 ± 600 BP.

Jadi, ini mengisyaratkan penduduk Moh Khiew telah menghuni di bagian Sundaland ini sejak glasial terakhir.

Tim Ekspedisi Sriwijaya menemukan penampakan 82 individu manusia purba berusia 4 ribu tahun di Goa Harimau.
Tim Ekspedisi Sriwijaya menemukan penampakan 82 individu manusia purba berusia 4 ribu tahun di Goa Harimau. (Sriwijaya Post)
Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas