Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Sinergi Hijau di Palmerah, Taman Obat yang Menyatu dengan Keseharian Warga

Program Studi Arsitektur Universitas Mercu Buana melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di RW 05 Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat.

Editor: Brand Creative Writer
Istimewa
Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Mercu Buana melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di RW 05 Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat.
Istimewa
Taman Toga di Taman Cempaka yang terletak di RW 05 Kelurahan Palmerah.

TRIBUNNEWS.COM - Pada bulan Agustus 2024, Program Studi Arsitektur Universitas Mercu Buana melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan Taman Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang juga sebagai ruang interaksi sosial di RW 05 Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya optimalisasi lahan perkotaan untuk kesejahteraan warga, dengan dukungan pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Taman Toga di Taman Cempaka yang terletak di RW 05 Kelurahan Palmerah memiliki potensi besar, belum sepenuhnya dimanfaatkan. Meskipun taman ini telah ada, namun pengelolaan dan pemanfaatannya masih belum optimal.




Beberapa warga bahkan belum menyadari bahwa mereka dapat memanfaatkan tanaman obat yang ada di taman tersebut untuk kebutuhan kesehatan sehari-hari.

Selain itu, Taman Cempaka yang memiliki fungsi sebagai tempat beraktivitas sosial warga, masih belum mendukung kegiatan warga karena rusaknya beberapa fasilitas di taman. 

Kegiatan pengabdian ini menciptakan sinergi yang lebih baik dalam memanfaatkan lahan taman di lingkungan RW 05 Kelurahan Palmerah.

Taman tersebut tidak hanya akan menjadi tempat tumbuhnya tanaman obat keluarga, tetapi juga akan digunakan sebagai ruang interaksi sosial yang nyaman dan fungsional.

BERITA TERKAIT

Dalam proses ini, jumlah dan variasi tanaman toga akan ditingkatkan, sehingga produksi tanaman obat alami yang bermanfaat bagi kesehatan warga juga dapat ditingkatkan. Taman ini akan menjadi pusat aktivitas sehat dan harmonis bagi seluruh warga setempat. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Studi Arsitektur Universitas Mercu Buana di RW 05 Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan manfaat tanaman toga kepada masyarakat, mendorong mereka menggunakan tanaman sebagai obat alami.

Akhirnya, taman ini menjadi tempat rekreasi yang lebih baik bagi warga RW 05 Kelurahan Palmerah, menyediakan ruang nyaman untuk bersantai dan berinteraksi.

Sebagai tambahan, taman ini juga memfasilitasi aktivitas komunitas, seperti workshop berkebun dan kelas kesehatan. Keterlibatan aktif warga dalam merawat taman meningkatkan rasa kepemilikan dan kebersamaan di lingkungan mereka. 

Ketua RW 05 Palmerah, Soenarto, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat ini. Soenarto melihat inisiatif ini sebagai langkah awal positif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebersamaan di lingkungan hunian RW 05 Palmerah.

“Kegiatan ini, lingkungan sekitar mereka tinggal menjadi lebih produktif dan harmonis. Semoga lingkungan hunian di RW 05 Kelurahan Palmerah menjadi proyek contoh dari lingkungan RW lain di Kelurahan Palmerah”, ujar Ketua RW 05 Palmerah.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas