News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Sederet Fakta Serangan Rusia ke Ukraina: Alasan Putin hingga Sanksi Barat dan Uni Eropa

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang petugas polisi berjaga di dekat sisa-sisa peluru di Kyiv Kamis, (24 Februari 2022). Serangan terjadi usai Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer di Ukraina pada Kamis dengan ledakan terdengar segera setelah itu di seluruh negeri dan menteri luar negerinya memperingatkan skala penuh invasi sedang berlangsung. Berikut ini sederet fakta tentang serangan Rusia ke Ukraina.

TRIBUNNEWS.COM - Rusia telah meluncurkan serangan militer skala penuh ke Ukraina, Kamis (24/2/2022).

Rusia melakukan serangan udara dan rudal terhadap fasilitas militer Ukraina sebelum pasukan dan tank meluncur melintasi perbatasan dari utara, timur dan selatan.

Militer Ukraina pun telah melawan di berbagai lini.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan dalam video pidato pada Jumat (25/2/2022) pagi bahwa 137 orang, baik prajurit maupun warga sipil, telah tewas dan ratusan lainnya terluka.

Seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat mengatakan Rusia mungkin berniat merebut Kyiv dan kota-kota penting lainnya untuk pada akhirnya membentuk pemerintahan yang lebih bersahabat.

Baca juga: Joe Biden Tegas Beri Sanksi Ekonomi Terhadap Rusia, Bagaimana Soal Energi?

Baca juga: Agresi Militer Rusia Tewaskan 137 Warga Ukraina, Presiden Zelensky Serukan Wajib Militer

Ketika pasukan Ukraina melawan dan warga sipil menumpuk di kereta dan mobil untuk melarikan diri, para pemimpin AS dan Eropa bergegas menghukum Rusia dengan sanksi keuangan yang kuat.

Sementara NATO bergerak untuk memperkuat sayap timurnya.

Inilah sederet fakta tentang konflik Rusia-Ukraina, dikutip dari Al Jazeera:

Alasan Putin Serang Ukraina

Dalam pidato yang disiarkan televisi ketika serangan itu dimulai, Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan serangan diperlukan untuk melindungi warga sipil di Ukraina timur, di mana pasukan Ukraina dan separatis yang didukung Rusia telah berperang selama hampir delapan tahun.

Pemimpin Rusia itu memperingatkan negara-negara lain bahwa setiap upaya untuk ikut campur di Ukraina akan "mengakibatkan konsekuensi yang belum pernah Anda lihat dalam sejarah".

Dalam pengambilan video ini diambil dari cuplikan selebaran yang tersedia pada 24 Februari 2022 di situs web resmi Presiden Rusia (kremlin.ru) Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato di hadapan bangsa di Kremlin di Moskow. - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan "operasi militer" di Ukraina pada 24 Februari dan meminta tentara di sana untuk meletakkan senjata mereka, menentang kemarahan Barat dan seruan global untuk tidak melancarkan perang. (Photo by Handout / KREMLIN.RU / AFP) (AFP/HANDOUT)

Putin menuduh AS dan sekutunya mengabaikan tuntutan Rusia untuk memblokir Ukraina agar tidak pernah bergabung dengan NATO dan menawarkan jaminan keamanan kepada Moskow.

Putin mengatakan Rusia tidak bermaksud untuk menduduki Ukraina tetapi berencana untuk "demiliterisasi", sebuah eufemisme untuk menghancurkan angkatan bersenjatanya.

Dia mendesak prajurit Ukraina untuk "segera meletakkan senjata dan pulang".

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini