News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

WNI di Ukraina Bersiap Dievakuasi ke Polandia dan Rumania

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang demonstran memegang plakat bertuliskan Tidak untuk perang memprotes invasi Rusia ke Ukraina di Saint Petersburg tengah pada 24 Februari 2022. - Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Kamis, menewaskan puluhan orang dan memicu peringatan dari Barat pemimpin sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Serangan udara Rusia menghantam instalasi militer di seluruh negeri dan pasukan darat bergerak dari utara, selatan dan timur, memaksa banyak warga Ukraina mengungsi dari rumah mereka karena suara bom. (Photo by Sergei MIKHAILICHENKO / AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Ukraina akan dievakuasi ke Polandia dan Rumania sehubungan dengan keadaan darurat yang diumumkan pemerintah negara itu.

Tim dari Kedutaan Besar RI yang ada di Bucharest Romania tengah berupaya melakukan penjemputan kepada 25 WNI yang saat ini berkumpul di Odessa.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha mengatakan sesuai rencana kontijensi, pemerintah telah meminta WNI yang ada di Selatan Ukraina untuk berkumpul.

Baca juga: UPDATE: WNI di Ukraina 153 Orang, 82 di Antaranya Kini Tinggal Sementara di KBRI Kiev

"Saat ini kami tengah berupaya melakukan penjemputan kepada WNI kita yang ada di Odessa oleh tim KBRI Bucharest. Kita sedang memantau, mudah-mudahan lancar semuanya," kata Judha pada konferensi pers, Sabtu (26/2/2022).

Hal ini juga akan dilakukan untuk WNI yang ada di Lyiv, kota di Ukraina yang berbatasan dengan Polandia.

Pemerintah juga telah menyiapkan pesawat dan tim evakuasi, sebagai upaya antisipasi jika para WNI sudah bisa direlokasi.

Data terbaru, total WNI yang berada di Ukraina sebanyak 153 orang. Mereka berada di Kiev (82 orang), Odessa (25 orang), Chernihiv (9 orang), Kharkiv (4 orang), Lviv (3 orang).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini