News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Ukraina Fokus Serang Bagian Selatan, Rusia Rebut Kembali Kawasan Timur

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tanker Brigade Mekanik ke-93 Kholodnyi Yar mengikuti pelatihan militer di dekat garis depan di wilayah Donetsk, pada 1 Agustus 2023. Anatolii Stepanov / AFP

Ukraina Fokus Serang Bagian Selatan, Rusia Rebut Kembali Kawasan Timur

TRIBUNNEWS.COM - Pihak militer Rusia mengklaim sukses merebut kembali kawasan di bagian timur laut Ukraina, Sabtu (5/8/2023).

Pihak Ukraina sebelumnya memang melaporkan terjadinya peningkatan serangan Rusia di wilayah tersebut.

Kawasan ini sebelumnya bisa diambil Ukraina dari kependudukan Rusia dalam sebuah serangan cepat, kisaran September tahun lalu.

Baca juga: Kemarin Kapal Perang, Hari Ini Giliran Kapal Tanker Rusia Dihantam Drone Ukraina 

"Di wilayah Kupiansk, hasil dari tindakan yang kompeten dan profesional dari unit militer komando Barat, pemukiman Novoselivske dibebaskan," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam siaran di Telegram.

Laporan Militer Rusia itu juga mengklaim "operasi ofensif di garis depan, sukses membalikkan situasi bagi pasukan Rusia.

Pada Jumat (4/8/2023), tentara Ukraina mengatakan mereka menghadapi serangan yang semakin banyak di bagian timur negara tersebut.

"Jumlah serangan musuh meningkat. Pertempuran sengit sedang terjadi," kata juru bicara militer Ukraina, Ganna Malyar di Telegram.

Baca juga: Militer Sekutu Rusia Pamer Skill, Penerjun Tempur Angkat Meja Pakai Gigi Jadi Bahan Olok-olok

Seorang tentara Ukraina dari Brigade Mekanis Terpisah ke-28 menembakkan peluncur granat 40mm di garis depan dekat kota Bakhmut, wilayah Donetsk, pada 17 Juni 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Anatolii STEPANOV / AFP)

Malyar mengatakan pasukan Rusia bertujuan untuk menarik konsentrasi pasukan Ukraina ke daerah itu, karena pihaknya sedang melakukan serangan balasan di bagian selatan.

"Di sektor Kupiansk, musuh telah menetapkan tujuan untuk mendapatkan kembali wilayah yang hilang pada musim gugur yang lalu," kata Malyar.

Akhir musim panas dan awal musim gugur 2022, Ukraina bisa merebut kembali sebagian besar wilayah di sekitar Kherson selatan dan timur laut Kharkiv dalam serangan balasan.

Ukraina kembali memulai serangan balasan pada bulan Juni tetapi kini berhadapan dengan kuatnya pertahanan Rusia yang dibangun selama beberapa bulan.

Akhir Juli lalu, Rusia mengklaim telah merebut desa Sergiivka di wilayah timur Donetsk.

(oln/TMT/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini