News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Partai Komunis di Rusia Peringati 100 Tahun Kematian Vladimir Lenin saat Putin Mengabaikannya

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pendukung komunis Rusia memegang potret pemimpin Soviet Vladimir Lenin (kanan) dan Joseph Stalin, sebelum upacara peletakan bunga di mausoleum pendiri negara Soviet, Vladimir Lenin, untuk menandai peringatan 100 tahun kematiannya, di Moskow pada 21 Januari 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Partai Komunis Rusia (KPRF) memperingati 100 tahun kematian Vladimir Lenin di depan Mausoleum Lenin di Lapangan Merah, Moskow, Rusia, pada Minggu (21/1/2024).

Vladimir Lenin adalah pemimpin pertama Uni Soviet pasca Revolusi Bolshevik, yang meninggal pada 21 Januari 1924 di Gorky, Moskow.

Upacara di Lapangan Merah dihadiri oleh pemimpin lama KPRF sekaligus veteran Soviet, Gennady Zyuganov, dan calon presidennya, Nikolay Kharitonov, serta anggota partai terkemuka lainnya.

“Lenin telah pergi ke dunia lain namun selamanya tetap bersama umat manusia, di mana di planet Bumi untuk pertama kalinya ia mencoba membangun sebuah dunia baru di mana tenaga kerja berkuasa, bukan modal,” kata Gennady Zyuganov setelah meletakkan bunga di mausoleum, Minggu.

Mausoleum Vladimir Lenin berisi jasad Lenin yang sudah dibalsem dan tempat itu dibangun pada tahun 1930 di sepanjang tembok Kremlin, menghadap Lapangan Merah.

Orang-orang yang menghadiri peringatan 100 tahun kematian Lenin itu memuji jasa-jasa revolusioner Bolshevik tersebut.

“Dia berperan tidak hanya bagi Rusia, tapi juga bagi seluruh dunia,” kata Nikolai (73) kepada AFP, Minggu.

“Setelah revolusi, seluruh kaum borjuis dunia takut bahwa para pekerjanya juga akan bangkit dan memulai revolusi,” katanya.

Selain itu, menurut Gennady Zyuganov, Mausoleum Vladimir Lenin memiliki makna sakral dan mewakili zaman besar Soviet, dikutip dari CNA.

Ia juga mengingat kemenangan Soviet dalam Perang Dunia II atas Nazi Jerman.

Pejuang Soviet pada masa itu disambut dengan meriah di Lapangan Merah, yang saat ini sejarah tersebut diabaikan oleh sejumlah orang Rusia.

Baca juga: Episode Simpsons Tide Prediksi Konflik Rusia-Ukraina? Ada Adegan Kebangkitan Soviet dan Lenin

Vladimir Putin Abaikan Peringatan 100 Tahun Kematian Lenin

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengabaikan peringatan 100 tahun kematian Lenin yang digelar oleh Partai Komunis Rusia (KPRF).

Gennady Zyuganov mengatakan Kremlin tidak mengakui peringatan itu karena Putin menganggap Lenin adalah penyebab masalah di Ukraina.

Pada awal invasi Rusia ke Ukraina, Putin berpendapat, Lenin bersalah karena membagi Kekaisaran Rusia menjadi negara-negara kecil seperti Ukraina, dan membentuk Uni Soviet setelah Revolusi Bolshevik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini