News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Putin 'Targetkan' Yerusalem untuk Cari Situs Kekaisaran Rusia-Uni Soviet, Ada yang 'Dikuasai' Israel

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) dan Presiden Rusia Vladimir Putin memotong pita untuk meresmikan monumen Lilin Peringatan di Yerusalem pada 23 Januari 2020 untuk memperingati rakyat Leningrad selama pengepungan Nazi di kota tersebut pada Perang Dunia Kedua. - Putin sedang menggalakkan program pencarian situs Kekaisaran Rusia dan Uni Soviet di seluruh dunia, termasuk Yerusalem yang diduduki.

TRIBUNNEWS.com - Media berbahasa Ibrani, Walla, melaporkan Rusia, atas perintah Presiden Vladimir Putin, berupaya merebut kembali properti mereka, termasuk lima situs di Yerusalem yang diduduki oleh Israel.

Walla mengatakan Putin telah mengalokasikan dana untuk mencari properti milik Kekaisaran Rusia atas bekas Uni Soviet di seluruh dunia.

Mengenai hal itu, aktivis sosial dan pemantau imigran Rusia, Alex Tanzer, mengungkapkan Putin dan Sergey Stefsen, penanggung jawab atas reklamasi properti Rusia, telah melakukan pembicaraan dan negosiasi dengan pemerintah Israel selama 20 tahun terakhir.

Pembicaraan itu mengenai pengambilalihan properti Rusia yang berada di Yerusalem yang diduduki.

Tanzer menjelaskan, diskusi itu berkisar pada situs-situs yang dibeli Rusia pada abad ke-19 dan kini coba direklamasi.

Ia menyebutkan saat ini ada lima situs di Yerusalem yang diduduki yang diketahui dapat diminta Rusia dari Israel, antara lain:

  1.  St. Sergius Guest House, yang kepemilikannya dialihkan ke Rusia pada 2012;
  2. Kompleks Gereja St. Alexander Nevsky, yang dijanjikan Benjamin Netanyahu akan diserahkan ke Rusia pada 2018;
  3. 2.500 meter persegi di King George Street untuk pembangunan konsulat Rusia;
  4. Elizabeth Courtyard Hotel di Musrara (saat ini digunakan sebagai pusat penahanan).

Walla mengatakan, Otoritas Palestina yang dipimpin oleh Mahmoud Abbas sebelumnya telah mengembalikan properti di Betlehem dan Jericho ke kepemilikan Rusia.

Sumber itu mengklarifikasi Putin berupaya untuk mendapatkan kembali kepemilikan dan hak atas properti tersebut untuk Federasi Rusia, dengan Yerusalem yang diduduki menjadi salah satu kota di mana aset Rusia akan dicari.

Diketahui, arahan Rusia yang dikeluarkan melalui keputusan terkait pengelolaan properti Rusia atau Uni Soviet, mencakup pemberian dukungan kepada badan pemerintah yang bertanggung jawab mengelola properti itu.

Daftar properti yang dapat ditemukan di luar negeri dan termasuk dalam cakupan dekrit Rusia "Setengah Pantai Nice" diperkirakan mencakup bangunan di Yerusalem dan fasilitas produksi, seperti pabrik, galangan kapal, dan lain-lain.

Baca juga: Putin akan Geledah Yerusalem, Cari Aset Kekaisaran Rusia dan Uni Soviet

Walla mengutip sumber yang mengetahui masalah ini, menyatakan Moskow terutama tertarik pada warisan budaya, selain properti yang terletak di wilayah Palestina yang diduduki, seperti Yerusalem.

Sejak tahun 2000, sekitar 4.000 properti dengan berbagai nilai telah dialihkan ke kepemilikan Rusia, termasuk properti di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Selatan.

Diketahui, Rusia sebelumnya telah mengalokasikan dana untuk mendukung upaya pencarian, pendaftaran, dan penjaminan perlindungan hukum atas properti Rusia di luar negeri, termasuk properti Uni Soviet dan Kekaisaran Rusia.

Dilaporkan TASS, keputusan itu ditandatangani oleh Putin, dimana dana ditujukan untuk Departemen Properti Luar Negeri Direktorat Administratif Presiden Federasi Rusia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini