News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

'Neraka di Bumi' - Warga Gaza terpaksa hidup di tengah tumpukan sampah akibat blokade Israel

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

'Neraka di Bumi' - Warga Gaza terpaksa hidup di tengah tumpukan sampah akibat blokade Israel

“Kondisi yang mengerikan.” “Bau busuk yang tak tertahankan.” "Situasi yang tidak manusiawi.”

Sejumlah lembaga bantuan kemanusiaan kehabisan kata-kata untuk menggambarkan keadaan di Gaza akibat blokade Israel sejak akhir 2023.

Kehancuran akibat serangan Israel dan blokade terhadap Jalur Gaza telah menyebabkan warga Gaza terpaksa hidup di tengah air limbah dan tumpukan sampah.

Infeksi dan penyakit yang mudah dicegah dan diobati telah menjalar di wilayah yang kini menghadapi suhu harian lebih dari 35 derajat Celsius dan pasokan air yang terbatas.

Louise Wateridge, juru bicara Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Tengah (UNRWA), menggambarkan Gaza sebagai “neraka di Bumi” bagi 2,2 juta penduduknya.

Israel telah menolak laporan dari berbagai lembaga kemanusiaan dan LSM mengenai situasi tersebut. Israel bahkan menuduh beberapa pegawai UNRWA memiliki hubungan dengan Hamas dan Jihad Islam.

Tuduhan ini belum terbukti secara independen, namun menyebabkan sekelompok negara donor menarik dana dari organisasi tersebut pada Januari lalu.

“Situasinya sangat buruk dalam hal penyakit, sanitasi dan kebersihan,” tegas Wateridge kepada BBC Mundo dari kamp pengungsi Nuseirat, di Gaza tengah.

“Ratusan ribu orang hidup dalam kondisi yang penuh sesak dan tidak sehat”.

Kondisi ini telah mengubah Jalur Gaza menjadi sarang infeksi.

Hepatitis A, kudis, disentri atau diare akut umum terjadi di antara penduduk wilayah tersebut. Para dokter khawatir bahwa dengan meningkatnya suhu, wabah kolera akan merebak jika kondisi kehidupan tidak berubah secara drastis.

Namun daftar ancamannya tidak berhenti di situ: Otoritas Kesehatan Gaza mengklaim telah mendeteksi virus polio dalam sampel air limbah yang dikumpulkan di Jalur Gaza.

Informasi tersebut dikuatkan oleh Israel, yang telah memerintahkan agar semua tentara yang dikerahkan di wilayah tersebut divaksinasi atau menerima dosis booster.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini