News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Erdogan Diancam, Kemenlu Turki Sebut Nasib Israel Bakal Seperti Nazi yang Lakukan Genosida

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berpidato saat rapat partainya di Majelis Nasional Besar Turki di Ankara, Rabu, (29/11/2023). Erdogan menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai tukang jagal di Gaza.

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Turki mengatakan Israel akan bernasib sama dengan Nazi bila terus melakukan genosida.

Israel, kata Kemenlu Turki, akan dimintai pertanggungjawaban dunia seperti Nazi ketika melakukan genosida pada Perang Dunia II.

"Sama seperti Nazi yang melakukan genosida dimintai pertanggungjawaban, mereka yang berusaha menghancurkan Palestina juga akan dimintai pertanggungjawaban," tulis Kemenlu Turki dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Hurriyet Daily News.

"Umat manusia akan berdiri bersama Palestina. Kalian tidak akan dapat menghancurkan Palestina," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan, melalui X mengatakan, Presiden Recep Tayyip Erdogan adalah suara hati nurani umat manusia.

Mereka, kata Fidan, yang berusaha membungkam suara Erdogan berada dalam keadaan yang panik.

"Sejarah telah berakhir dengan cara yang sama bagi semua pelaku genosida dan pendukung mereka," kata Fidan.

Penasihat Utama Kepresidenan untuk Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan, Akif Cagatay Kilic, juga mengatakan selama Erdogan mendukung rakyat yang tertindas, "para pembunuh ini akan terus menjadi gila".

"Mereka percaya, dengan pernyataan mereka yang tidak tahu malu dan arogan, mereka dapat membungkam suara kita, yang membela keadilan dan kaum tertindas," ungkap Kilic.

"Netanyahu dan anggota kabinetnya, seperti semua pelaku genosida, akan menemukan diri mereka di tong sampah sejarah," tambahnya.

Pernyataan itu muncul setelah Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, melontarkan pernyataan yang memfitnah dan menghina Erdogan.

Baca juga: Israel Terancam Diinvasi Turki, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Keduanya, Ankara Jauh di Atas

Dikutip dari The Jerusalem Post, Katz mengecam Erdogan setelah Presiden Turki itu mengancam akan menginvasi Israel.

"Erdogan mengikuti jejak Sadam Hussein dan mengancam akan menyerang Israel. Ia perlu mengingat apa yang terjadi di sana dan bagaimana itu berakhir," tulis Katz melalui X.

Ancaman Erdogan

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mencap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai "Hitler di zaman kita".

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini