News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Pasukan Israel Memperluas Koridor Netzarim di Jalur Gaza, Tampung Pasukan Israel Secara Permanen

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

KORIDOR NETZARIM- Israel membangun ‘sabuk militer’. Mereka sedang melakukan penyelesaian akhir pada jalan sepanjang 8 km yang akan membelah Jalur Gaza menjadi dua dan memperkuat kendali Israel di wilayah utara. Pejabat pertahanan Israel yang berbicara dengan Wall Street Journal (WSJ) mengatakan jalan yang membelah Gaza – yang disebut “Koridor Netzarim”.

Pasukan Israel Memperluas Koridor Netzarim di Jalur Gaza, Tampung Pasukan Secara Permanen

TRIBUNNEWS.COM- Israel memperluas koridor Netzarim hingga mencakup 'pos-pos terdepan permanen'.

Koridor Netzarim adalah salah satu dari beberapa wilayah di Gaza yang direncanakan akan menjadi tempat pasukan Israel mempertahankan kehadirannya tanpa batas waktu.

Pasukan Israel telah memperluas koridor Netzarim di Jalur Gaza hingga mencakup empat “pos terdepan” besar yang dirancang untuk menampung pasukan secara permanen, menurut citra satelit yang ditinjau oleh situs berita Ibrani Ynet .

“IDF telah berupaya memperluas koridor tersebut … Empat pos terdepan didirikan di koridor tersebut, untuk tempat tinggal permanen bagi ratusan pejuang,” lapor media Israel tersebut pada tanggal 26 Agustus.

Ynet menjelaskan bahwa Israel baru-baru ini melancarkan operasi di lingkungan Zaytoun, Kota Gaza, tempat pasukan Israel telah beroperasi beberapa kali sejak dimulainya perang, namun gagal membasmi Brigade Qassam milik Hamas.

Empat tentara cadangan tewas dalam operasi tersebut, termasuk satu orang pada hari Minggu akibat alat peledak yang ditanam oleh kelompok perlawanan Palestina. Operasi yang sedang berlangsung di Zaytoun diluncurkan secara khusus "untuk memperluas" koridor Netzarim, yang terletak di dekat wilayah Kota Gaza, kata laporan tersebut.

“Dalam penyerbuan itu, pasukan diminta untuk menemukan terowongan, infrastruktur, dan senjata Hamas. Penyerbuan brigade berlanjut, dan termasuk menyerang Hamas dan menghancurkan persediaan amunisi yang mengancam pasukan di Netzarim.”

Koridor Netzarim didirikan oleh pasukan Israel selama bulan-bulan awal perang di Gaza. Koridor yang membentang melalui bekas pemukiman lama Netzarim itu membelah jalur itu menjadi dua dan mencegah kembalinya warga Palestina yang mengungsi ke Gaza utara.

“Koridor tersebut didirikan … untuk mencegah kembalinya pejuang bersenjata ke wilayah utara Jalur Gaza, dan untuk secara umum mencegah kembalinya warga Palestina ke wilayah utara Jalur Gaza. Warga Palestina dapat bergerak ke selatan – tetapi tidak ke arah yang berlawanan,” jelas Ynet , yang memperkuat narasi Israel bahwa warga Gaza yang mengungsi dan kembali ke wilayah utara sebagai bagian dari perjanjian apa pun sebenarnya adalah militan.

Pasukan Israel telah menyiapkan “rute operasional yang baru dibangun … dan titik drainase” di sepanjang koridor tersebut untuk mencegah warga Palestina yang mengungsi di Gaza selatan kembali ke rumah mereka di utara, Ynet melanjutkan.

Laporan tersebut semakin menegaskan rencana Israel untuk membangun kehadiran permanen di Jalur Gaza.

Pejabat pertahanan Israel yang berbicara dengan Wall Street Journal (WSJ) pada bulan Februari mengatakan koridor tersebut merupakan bagian dari "rencana Tel Aviv untuk mempertahankan kendali keamanan atas daerah kantong tersebut untuk beberapa waktu."

Pasukan Israel yang ditempatkan di Netzarim telah menjadi sasaran sejumlah serangan oleh faksi perlawanan Palestina sejak koridor tersebut didirikan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini