News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Inggris Kecam Rusia, Sebut Tuduhan Mata-Mata yang Dilontarkan Putin Hoaks dan Tak Berdasar

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemerintah Inggris dengan tegas membantah tuduhan Presiden Rusia yang menyebut enam diplomat mereka yang berada di Moskow melakukan mata-mata dan sabotase. Inggris menyebut tuduhan tersebut sama sekali tidak berdasar.

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Inggris dengan tegas membantah tuduhan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang menyebut enam diplomat mereka yang berada di Moskow melakukan mata-mata dan sabotase.

Dalam kesempatan tersebut pemerintah Inggris menyebut tuduhan tersebut palsu atau hoaks dan sama sekali tidak berdasar.

Pernyataan tersebut dilontarkan pemerintah Inggris beberapa jam setelah Rusia mencabut akreditasi enam diplomat Inggris di Moskow karena dituding melakukan kegiatan mata-mata dan sabotase.

"Tuduhan yang dibuat hari ini oleh FSB terhadap staf kami sama sekali tidak berdasar,” tegas pernyataan pemerintah Inggris mengutip Firstpost.

“Kami tidak menyesal telah melindungi kepentingan nasional kami," imbuh pernyataan pemerintah Inggris.

Adapun Pengumuman Rusia mencabut akreditasi enam diplomat Inggris di Moskow atas tuduhan spionase muncul saat PM Inggris Keir Starmer mendarat di Washington.

Kunjungan itu digelar membahas izin bagi Ukraina untuk menggunakan rudal jarak jauh jauh di dalam wilayah Rusia.

Rusia Usir 6 Diplomat Inggris

Ketegangan antara Rusia dan Inggris terjadi pasca Rusia mengusir enam diplomat Inggris dari Moskow karena dituduh melakukan mata-mata dan sabotase.

Badan keamanan FSB Rusia mengatakan mereka bekerja di departemen politik kedutaan Inggris di Moskow.

Baca juga: Rusia: 6 Diplomat Inggris di Moskow Merangkap Intelijen, Bekerja Untuk Memenangkan Ukraina

Hal ini dibuktikan oleh FSB setelah mereka menemukan bukti keenam diplomat Rusia memiliki dokumen yang menunjukkan salah satu kantor pada Departemen Luar Negeri Inggris di London yang bertanggung jawab atas Eropa Timur dan Asia Tengah mengoordinasikan apa yang disebut sebagai "eskalasi situasi politik dan militer".

Karena aktivitas Kedutaan Besar Inggris di Moskow telah melampaui konvensi yang dirancang untuk merugikan rakyat Rusia, FSB mengambil sikap tegas dengan mencabut akreditas keenam pegawai departemen politik Kedutaan Besar Inggris di Moskow.

Selanjutnya, jika tindakan serupa terdeteksi pada pegawai misi diplomatik Inggris, FSB akan menuntut penghentian lebih awal perjalanan bisnis mereka di Rusia alias dideportasi.

"Fakta yang terungkap memberikan alasan untuk mempertimbangkan aktivitas para diplomat Inggris, yang dikirim ke Moskow oleh direktorat tersebut, sebagai ancaman terhadap keamanan Federasi Rusia," sebut FSB.

Adapun enam diplomat Inggris yang diusir itu diungkap nama dan fotonya dalam tayangan televisi pemerintah Rusia.

Respons Terhadap Tindakan Tidak Bersahabat

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini