News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

PDIP Klaim Jadi Penggagas Awal Koalisi Besar Pilpres 2024

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelaksana Tugas Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Said Abdullah memberikan arahan kepada ribuan kader PDI Perjuangan dalam acara Konsolidasi Akbar PDI Perjuangan Dapil V Jatim Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) di GOR Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (10/3/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengeklaim jika partainya yang awal mula menggagas rencana koalisi besar pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Koalisi besar disebut-sebut akan menggabungkan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menurut Said, sejatinya ketika dulu Ketua DPP PDIP Puan Maharani melakukan silahturahmi ke pimpinan partai politik (parpol) adalah untuk membangun kerja sama politik.

Hanya saja, dia menyebut koalisi besar tidak dikenal dalam sistem presidensil yang dipakai Indonesia.

"Kalau bahasanya kawan-kawan koalisi besar. Saya hindari kata itu karena diksi itu tidak ditemukan dalam sistem presidensil," kata Said di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Baca juga: PKB Sebut Belum Temukan Formula Capres-Cawapres dari Koalisi Besar

Said menegaskan penamaan yang tepat adalah kerja sama politik besar atau kerja sama akbar parpol.

"Seharusnya yang pas kerja sama politik besar, kerja sama akbar parpol. Dan itu memang gagasan awal dari kami oleh PDIP," ujarnya.

Dia menyebut upaya membangun kerja sama akbar parpol itu dilakukan Puan dengan bersilahturahmi ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Sesungguhnya kan yang memulai kan PDIP cuma kemudian masih berjalan satu-satu kan begitu," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini