News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Ganjar-Mahfud Titikberatkan HAM sebagai Asas Dijunjung Tinggi dalam Debat Perdana Capres-Cawapres

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menandatangani deklarasi kampanye pemilu damai yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), di halaman gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023). Deklarasi Kampanye Pemilu Damai dihadiri tiga pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Diketahui, kampanye akan dimulai pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Kampanye akan digelar selama 75 hari. Selanjutnya, KPU menetapkan 11-13 Februari 2024 sebagai masa tenang. Para peserta Pemilu 2024 tidak boleh lagi berkampanye. Pemungutan suara akan dilakukan 14 Februari 2024. Tribunnews/Jeprima

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, SERANG - Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Hasto Kristiyanto menegaskan pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menitikberatkan Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai asas yang dijunjung tinggi. 

Hal tersebut ditegaskan Hasto saat menjawab pertanyaan wartawan soal tema debat perdana capres-cawapres yang salah satunya mengangkat tentang isu HAM. 

Menurut Hasto, paslon yang diusung PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura itu berkomitmen menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu secara adil. 

"Dalam programnya Pak Ganjar-Prof Mahfud menjadikan komitmen terhadap HAM sebagai panggilan jiwanya, karena nilai-nilai kemanusiaan sangat penting, mencintai rakyat, mencintai tanah air, itu bagian komitmen yang ditunjukkan," kata Hasto di sela-sela safari politiknya di Serang, Banten, Minggu (10/12/2023).

Politikus asal Yogyakarta itu pun menyinggung pasangan capres dan cawapres lain yang dinilainya kurang concern memandang isu HAM. 

Hal itu lantaran paslon tersebut tidak mencantumkan program penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu dalam visi-misinya. 

"Jangan sampai republik ini dipimpin oleh orang yang punya rekam jejak pelanggaran HAM. Apalagi ada paslon yang tidak memasukkan (visi-misi) terkait HAM," terang Hasto. 

Diketahui, Komnas HAM telah menetapkan kasus penculikan dan penghilangan paksa aktivis 1997/1998 sebagai pelanggaran HAM berat.

Diketahui, debat Pilpres 2024 bakal digelar dengan format 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres. Debat perdana merupakan debat untuk capres.

Baca juga: VIDEO WAWANCARA EKSKLUSIF Calon Ibu Negara Fery Farhati: Anies Ajari Proses Kehidupan ke Anak

Debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023). Tema debat perdana untuk capres itu yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Nantinya, debat akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan Radio.

Prabowo-Gibran Siap Debat

Calon wakil presiden RI (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka merasa tidak masalah dengan seluruh materi debat capres-cawapres oleh Komisi Pemilihan Umum RI (KPU).

Gibran menyebut, sejatinya dia siap menjelang debat yang akan dimulai lusa, Selasa 12 Desember.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini