News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

4 Kali Roadshow Pilkada, Mendagri Sebut Hanya Provinsi Bali yang Anggaran Pilkadanya Sudah Tuntas

Penulis: Reza Deni
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut bahwa Provinsi Bali menjadi provinsi yang anggaran pilkadanya sudah tuntas.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut bahwa Provinsi Bali menjadi provinsi yang anggaran pilkadanya sudah tuntas.

Tito mengatakan, selama empat kali roadshow Pilkada, baru kali ini pihaknya mencatat provinsi yang telah selesai soal anggaran Pilkada-nya.

"Roadshow pertama di Papua, Jayapura satupun enggak ada provinsi yang semua sudah tuntas. Yang kedua di Makassar, Sulawesi dan Maluku satu pun enggak ada povinsi dan kabupaten/kota yang tuntas," kata Tito dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Selasa (30/7/2024).

Setelah itu roadshow dilanjutkan di Medan.

Baca juga: Anies dan Ahok Kerap Komunikasi, PDIP Akan Umumkan Jagoannya Untuk Pilkada Jakarta Rabu Pekan Depan

Tito menyebut tidak ada satu provinsi pun yang menyelesaikan anggaran soal Pilkada.

"Ini yang keempat untuk Bali, jadi Bali ini saya lihat satu-satunya provinsi dari roadshow keempat ini yang tuntas," kata dia.

Tito lalu memaparkan data anggaran Provinsi Bali yang sudah terealisasikan untuk KPU, Bawaslu, TNI dan Polri.

"Kita baca sisa anggarannya sudah nol semua. Artinya sudah dibayar semuanya dari provinsi ditambah 8 kabupaten/kota Bali, KPU semua beres. Jadi Pak Afif nanti enggak ada alasan KPU Daerah se-Bali kalau bicara anggaran, sudah beres pak,” jelas Tito.

Diminta Tak Merotasi Pejabat

Sebelumnya, Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto meminta Panglima TNI, Kapolri, dan Jaksa Agung tak merotasi pejabatnya sampai penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 rampung.

Hadi mengatakan hal tersebut perlu dilakukan agar perencanaan yang telah dilakukan bisa dikelola dengan baik.

Hal itu disampaikannya saat Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Bali dan Nusa Tenggara di Bali pada Selasa (30/7/2024).

Baca juga: PKB Bantah Koalisi Partai Pendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 Bubar

"Kami juga mengharapkan kepada pimpinan TNI Polri untuk tidak merotasi dulu para pejabatnya sampai dengan Pilkada serentak selesai supaya apa yang direncanakan termasuk anggaran yang sudah disiapkan ini bisa dimanage dengan baik," kata Hadi di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI pada Selasa (30/7/2024).

Untuk itu, ia akan menyampaikan kembali hal tersebut langsung kepada Panglima TNI, Kapolri, dan Jaksa Agung agar para pejabat di lingkungan instansi masing-masing dapat dipertahankan sampai dengan selesainya Pilkada Serentak 2024.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini