News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Pengamat Sarankan Anies Jadi Kader PDIP dan Bertempur di Pilkada Jakarta, Ini Alasannya

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anies Baswedan menghadiri Tabligh Akbar 1 Muharram yang diselenggarakan oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) DKI Jakarta. Pengamat komunikasi politik, Emrus Sihombing, menyarankan Anies Baswedan untuk menjadi kader PDI Perjuangan (PDIP) dan bertarung di Pilkada Jakarta.    

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat komunikasi politik, Emrus Sihombing, menyarankan eks Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, untuk menjadi kader PDI Perjuangan (PDIP).

Dengan begitu akan terjadi pertempuran antara Anies Baswedan dengan Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya menyarankan kepada Bung Anies, sebagai seorang akademisi, sebagai seorang yang sering muncul di ruang publik, saya menyarankan masuklah menjadi KTA (kartu tanda anggota) di PDI Perjuangan dan bertempurlah di Jakarta," kata Emrus dalam acara On Focus di YouTube Tribunnews, Selasa (20/8/2024).

"Saya yakin kalau Anies maju diusung PDI Perjuangan tentu boleh jadi ada sedikit jumlah suara tambahan, ya, suara sah coba dicek dulu misalnya koalisi dengan katakanlah PPP dengan partai-partai lain gitu, ya. Nah, katakanlah partai lain misalnya sehingga jumlah suara sah bisa terpenuhi."

"Kalau itu terjadi saya kira kita bangga pertarungan antara tanda kutip dua raksasa yang hebat, yaitu Anies sama Ridwan Kamil," imbuhnya.

Emrus menilai PDIP dan Anies memiliki kesamaan. Menurutnya, keduanya memiliki garis ideologis.

"Saya melihat ada kesamaan PDIP Perjuangan dengan Anies. Anies termasuk sosok yang ideologis loh," ucapnya.

"Kita harus jujur PDI Perjuangan adalah partai yang lebih ideologis daripada partai lain gitu, ya, jadi sesama punya garis ideologis."

"Saya kira itu ada homogenitas dibanding Anies masuk ke partai yang pragmatis," lanjut Emrus.

Ia menyebut PDIP memiliki garis idelologis lantaran saat periode kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mereka memilih berada di luar kekuasaan.

Atas dasar itu, Emrus mengatakan Anies dan PDIP akan lebih mudah menyatu (homogen).

Baca juga: Pengamat: Semua Heboh di Pilgub Jakarta karena Ada Anies, yang Potensial Jadi Lawan Prabowo

"PDI Perjuangan adalah (ketika) menang jadi di kekuasaan, kalah menjadi di oposisi, yaitu ketika SBY dua periode kan PDI di luar kekuasaan kan."

"Nah, itulah garis ideologis. Saya melihat Anies itu ada di posisi itu. Jadi, seseorang yang punya ideologis, partai yang punya ideologis itu lebih homogen," ungkapnya.

Sebagai informasi, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 dapat membuat PDIP mengusung pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) sendiri pada Pilkada Jakarta 2024.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini