News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penanganan Covid

Daftar Provinsi di Indonesia yang Sudah Menerima Vaksin Covid-19, Jumlah Dosis Serta Peruntukannya

Penulis: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdy Syam di Terminal Cargo Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM) menyaksikan langsung penandatangan Berita Acara oleh Kadinkes Sulsel Muh Ichsan Mustari sekaligus memantau proses pemindahan dan pengamanan vaksin, Selasa (5/1/2020).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan program vaksinasi Covid-19 dijadwalkan berlangsung pekan depan.

"Tadi dilaporkan bahwa pemerintah akan segera memulai untuk melakukan vaksinasi yang dijadwalkan sekitar pertengahan bulan atau minggu depan," kata Airlangga usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/1/2021).

Pemerintah menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian tersebut masih menunggu izin penggunaan darurat atau Emergency use Authorization (EuA) vaksin Sinovac dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan juga fatwa kehalalan vaksin dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam memproses izin penggunaan darurat vaksin Sinovac, BPOM kata Airlangga dibantu data-data dari uji klinik yang dilakukan di Bandung dan negara lain yang menggunakan vaksin serupa.

"Data-data (uji klinik) akan digunakan mulai dari data Turki, data Bandung dan juga data-data yang diberikan secara scientific dari Brazil dan juga dari Sinovac itu sendiri," ujarnya.

Informasi yang diterima Tribunnews, pada Minggu (3/1/2021) PT Biofarma disebut telah mendistribusikan vaksin Sinovac ke 12 provinsi di Indonesia, di antaranya, yakni Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten.

Berikut catatan Tribunnews daftar provinsi yang telah menerima vaksin Covid-19 termasuk jumlah vaksin yang diterima termasuk peruntukannya hingga Selasa (5/1/20210):

Provinsi DKI Jakarta, 39.200 Vaksin

Sebagai ibu kota negara, Provinsi DKI Jakarta dipastikan sudah menerima pendistribusian vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.

Menurut Dinas Kesehatan DKI Jakarta, distribusi vaksin tahap pertama sudah diterima secara bertahap, dimulai dari 39.200 vaksin yang telah diterima pada Senin (4/1/2021).

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan pada tanggal 7 Januari nanti juga akan dikirimkan sebanyak 80.850 vaksin.

Sehingga total dalam vaksinasi tahap pertama, Pemprov DKI menerima 120.050 vaksin.

"Vaksin untuk Covid-19 sudah masuk ke Dinkes DKI untuk pengiriman pertama hari ini sebesar 39.200. Tahap pertama ini akan dikirim dua kali nanti tanggal 7 akan dikirim lagi terjadwal itu sebanyak 80.850. Jadi total yang kita terima 120.050," kata Ani kepada wartawan, Selasa (5/1/2021).

Ani menjelaskan untuk vaksinasi tahap pertama, sasaran yang akan disuntik adalah para tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini