News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kelompok Bersenjata di Papua

Demius Magayang Ditembak Satgas, Terlibat Kasus Pembunuhan 2 Anggota TNI, Staf KPUD & Seorang Warga

Penulis: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Personel Satgas Nemangkawi berada di Kali Yegi, Distrik Dekai, untuk mencari pekerja PT. Indo Papua yang melarikan diri dari KKB, Yahukimo, Papua, Senin (23/8/2021).

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Satgas Nemangkawi bersama aparat TNI/Polri terpaksa melumpuhkan Demius Magayang alias Temius Magayang dengan timah panas.

Demius Magayan ditangkap aparat gabungan di Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Sabtu (27/11/2021) pukul 10.40 WIT.

Dia adalah pelaku pembunuhan sadis terhadap dua anggota Satgas TNI AD Pam Rahwan dari Yonif 432 Makassar, Praka Muhamad Alif Nur dan Prada Ardi Yudi Ardianto pada Selasa (18/5/2021) di Yahukimo.

Demius juga terlibat dalam kasus penganiayaan berat terhadap Staf KPUD Yahukimo, Henry Jovinski hingga korban meninggal dunia serta pembunuhan Muhamad Toyib di jalan bandara pada tanggal 18 Mei 2021, 

Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan Demius Magayang alias Temius Magayang merupakan target operasi Polda Papua sejak lama.

"Pelaku ini merupakan DPO. Ia juga merupakan pentolan KKB di Yahukimo," kata Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam rilis yang diterima, Minggu (28/11/2021).

Aparat terpaksa melumpuhkan tersangka Demius Magayang karena dia melawan petugas saat hendak diringkus.

Dia kini telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Yahukimo.

Baca juga: Ka Satgas Humas Nemangkawi: OPS Nemangkawi Papua Berhasil Amankan 1 DPO KKB Kali I Yahukimo

"Kami lumpuhkan dengan timah panas, karena melawan dan hendak melarikan diri," jelasnya.

Dari tangan Demius aparat berhasil menyita beberapa barang bukti, salah satunya senjata api dan amunisi.

"Senjata rakitan 1 pucuk dan 8 amunisi aktif," jelasnya.

Demius Magayang alias Temius Magayang merupakan pelaku pembunuhan empat orang di Yahukimo, dua di antaranya anggota TNI AD dari Yonif 432 Makassar.

"Penganiayaan berat terhadap Staf KPUD Yahukimom, Henry Jovinski. Pembunuhan di jalan bandara pada tanggal 18 Mei 2021, Muhamad Toyib dan Pembunuhan 2 anggota Satgas Pamrahwan 432/SWJ di ujung Bandara Nop Goliat Dekai," jelasnya.

Kronologis Penangkapan

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini