News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Dunia U20

Pengamat: Jokowi Tak Akan Dukung Ganjar Lagi sebagai Capres Buntut Batalnya Piala Dunia U-20

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jokowi Tak Akan Dukung Ganjar Lagi sebagai Capres Buntut Batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin, menilai peta politik jelang Pilpres 2024 bakal berubah setelah Indonesia dipastikan batal menggelar Piala Dunia U-20 lantaran gelombang penolakan terhadap Timnas Israel.

Gelombang penolakan tersebut diketahui juga berasal Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP Ganjar Pranowo.

Menurut Ujang, sikap Jokowi bakal berubah ke Ganjar.

"Kita tahu sebelum-sebelumnya Pak Jokowi selalu mengendorse Ganjar, dekat dengan Ganjar, bahkan ingin menjadikan Ganjar sebagai capres, tapi ketika Ganjar menolak kedatangan timnas Israel, ini bakal membuat Jokowi marah," kata Ujang kepada Tribunnews, Kamis (30/3/2023).

Ujang memprediksi bisa saja Jokowi ke depan tidak akan lagi mendukung Ganjar.

"Jadi otak-atik permainan Pilpres 2024 ini imbas dari pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20," kata dia.

Baca juga: Shin Tae-yong: Saya Kecewa Terlebih Lagi Para Pemain Bahkan Mereka Sangat Sedih

Ujang mengatakan ke depan peta politik juga bakal semakin memanas karena semua pihak bakal memainkan momen masing-masing usai keputusan FIFA ini.

"Menaikkan elektabilitas termasuk mendapatkan simpati publik. Saya lihat pengaruhnya terhadap Pemilu 2024 sangat besar, karena Pak Jokowi pasti marah, nggak suka, karena ini harga diri bangsa dan dia juga, dan dia pasti marah kepada pihak-pihak yang menolak," tandasnya.

Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Hal itu menyusul keputusan FIFA yang resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. 

Usai pengumuman pencabutan status tuan rumah tersebut, para pencinta sepak bola Tanah Air mengungkapkan kekecewaannya di media sosial.

Bahkan, banyak netizen yang menyerbu akun Instagram milik Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo @Ganjar_Pranowo untuk menyampaikan rasa kecewanya. Hal itu lantaran sikap Ganjar yang menolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20 sehingga diduga berdampak pada status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca juga: Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Zainudin Amali Minta Maaf: Memang Ini Berat

Tampak para netizen memenuhi kolom komentar pada unggahan video yang berisi kunjungan Ganjar ke Wisma Lansia Agape di Kota Semarang. Pada Kamis (20/3/2023), pukul 03.19 WIB, ada lebih dari 133.000 komentar pada unggahan tersebut. 

Salah satu yang menyampaikan rasa kecewanya adalah pemain sepak Bola Indonesia Hokky Caraka. Melalui akunnya @Hokkycaraka_, Hokky menyebut Ganjar telah menghancurkan mimpi para pemain sepak bola muda Indonesia.

"MAKASIH BANYAK PAK,O IYA PAK KAMI TAU PAK NASIB BAPAK SUDAH TERJAMIN, MASA DEPAN BAPAK JUGA SUDAH BAGUSS,SEDANGKAN KAMI PAK?KAMI BARU MAU MERINTIS KARIR MENJADI LEBIH BAIK, TAPI BATU LOMPATAN KITA UDAH DI ANCURIN SM BAPAK #mkshganjar_pranowo," tulis pemain PSS Sleman itu di akun Instagram Ganjar.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini